Jumat 09 Sep 2011 21:45 WIB

Syafi'i Ma'arif: Pelanggaran Kode Etik Bisa Terjadi

Red: cr01
Anggota Komite Etik KPK, Syafi'i Ma'arif.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Anggota Komite Etik KPK, Syafi'i Ma'arif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Usai memintai keterangan aktivis jurnalis warga, Iwan Piliang, anggota Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Syafi'i Ma'arif, mengatakan pelanggaran kode etik oleh pimpinan lembaga antikorupsi bisa saja terbukti terjadi.

"Pelanggaran kode etik bisa juga. Kita lihat dululah, kita selesaikan dulu (pemeriksaannya)," kata Syafi'i yang akrab disapa Buya, sebelum meninggalkan Gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/9).

Menurut Buya, dari hasil pengumpulan keterangan sejauh ini pelanggaran berupa pertemuan di dalam maupun di luar KPK. "Tapi kita lihat dulu (apa benar pelanggaran)," ujarnya.

Ia mengatakan, ada keterangan yang menyebutkan pertemuan pimpinan KPK dengan M Nazaruddin. Pertemuan tersebut diketahui memang membicarakan kasus, tapi tidak kesimpulan dari pembicaraan tersebut.

Untuk itu, kata Buya, kesimpulan bahwa ada pelanggaran kode etik oleh pimpipan KPK belum dapat dipastikan. Masih perlu dikumpulkan keterangan-keterangan lain, dari komisioner KPK bidang penindakan dan juga termasuk dari sopir Nazaruddin.

Sementara itu, pemanggilan beberapa pihak media juga merupakan upaya pengumpulan keterangan. Namun ia menegaskan itu bukan merupakan pemeriksaan, tetapi memintai keterangan. "Mana berani kita periksa wartawan. Kita minta tambahan keterangan saja. Kan Tempo juga pernah menulis soal Nazaruddin selain Iwan Piliang," ujarnya.

Pemanggilan aktivis jurnalisme warga, Iwan Piliang, dilakukan untuk mengetahui keterangan-keterangan dari sisi lain, yang terkait dugaan keterkaitan pimpinan KPK dengan kasus yang berkaitan dengan Nazaruddin.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement