Selasa 17 May 2011 17:44 WIB

Lima Warga yang Ditangkap Bukan Anggota NII

Demonstrasi menentang Negara Islam Indonesia (NII)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Demonstrasi menentang Negara Islam Indonesia (NII)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON-- Kepala Kepolisian Resor Cilegon Ajun Komisaris Besar Umar Surya Fana mengatakan, lima orang yang digerebek warga bukan anggota Negara Islam Indonesia (NII).

"Selama pemeriksaan secara intensif ternyata kelima orang itu belum ada indikasi ke arah NII atau tindakan kriminal," katanya Selasa.

Ia mengatakan, kelima orang yang diamankan polisi itu digerebek warga di rumah kontrakan milik Herman berlokasi di Perumahan Gedong Damai Blok B38, No.2, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Cilegon.

Mereka antara lain Sanari warga Ciberko Cilegon, Iksan warga BBS Cilegon, Septian warga Sri Bahono Lampung Timur, dan Mubarok belum jelas alamatnya dan Valas Cilegon kini dilepas kembali karena tidak terbukti anggota NII.

Peristiwa penggerebekan itu Senin malam pukul 23.00 WIB dan kelima orang itu sempat diamuk massa sebab warga yang datang jumlahnya mencapai ratusan.

Namun, beruntung aparat kepolisian bisa mengamankan kelima orang yang diduga NII itu. "Kami amankan mereka karena khawatir menjadi sasaran anarkis warga. Kita masih terus melakukan pendalaman," ujar Umar.

Sementara itu, Gaos, warga Perumahan Gedong Damai mengaku selama mereka tinggal di rumah kontrakan, kelimanya tidak bergaul dengan masyarakat setempat. Masyarakat kemudian mencurigai warga yang baru tinggal sebulan di rumah kontrakan itu merupakan anggota NII.

"Kalau benar bukan anggota NII, kenapa mereka tertutup dan tidak bermasyarakat. Sebelumnya, ada warga yang sempat menanyakan keberadaan dan asal mereka dari mana, namun mereka tidak ada yang mau menjawab. Itulah kemungkinan awal kecurigaan warga," ujar Gaos.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement