Sabtu 02 Apr 2011 22:14 WIB
Kilang Pertamina Terbakar

Dirut Pertamina: Kebakaran Terjadi di Tangki BBM

Kilang Pertamina yang terbakar
Foto: Antara
Kilang Pertamina yang terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengatakan, kebakaran di Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, terjadi di tangki bahan bakar minyak. "Perlu kami tegaskan, yang terbakar itu adalah tangki BBM. Kebetulan tangki itu sedang berkapasitas HOMC (High Octane Mogas Component), dan yang terbakar sebanyak dua tangki," kata Karen kepada wartawan, di Cilacap, Sabtu malam.

Terkait hal itu, dia mengatakan, masyarakat Jawa Tengah diimbau untuk tidak panik karena persediaan BBM masih mencukupi kebutuhan.

Dalam hal ini, kata dia, stok premium masih sebanyak 90 ribu kiloliter untuk persediaan selama 33 hari dan solar sebanyak 103 kiloliter untuk 40 hari.

"Nanti juga akan datang lagi sekitar 400 MB (metric barel)," katanya.

 

Sementara mengenai upaya pemadaman api, dia mengatakan, pihaknya telah mendatangkan 5 ton "foam" untuk membantu mengecilkan api dan pukul 20.30 WIB juga datang lagi sebesar 35 ton.

"Diharapkan dengan penyemprotan "foam" ini, api bisa mengecil," katanya.

Menurut dia, pihaknya hingga saat ini masih mencari informasi mengenai kondisi terakhir dua tangki lain yang berisi naftah yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

"Isinya adalah naftah, tapi kami masih mencari informasi, ini tadi isinya berapa. Kapasitasnya memang 15 ribu kiloliter, tetapi isinya berapa, itu yang masih kami cari informasinya dan kami masih berupaya untuk memadamkan tangki yang terbakar," kata Karen.

Disinggung mengenai dugaan penyebab kebakaran, dia mengatakan, pihaknya saat ini masih berkonsentrasi terhadap upaya pemadaman. Menurut dia, penyebab kebakaran akan diteliti oleh Tim Laboratorium Forensik setelah api padam.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement