Kamis 24 Mar 2011 17:11 WIB

Malaysia Pulangkan Puluhan TKI Lewat Batam

Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
Foto: Republika/Amin Madani
Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Sepanjang Januari hingga Maret 2011, Malaysia telah memulangkan puluhan tenaga kerja Indonesia melalui Batam  "Jumlah TKI yang dipulangkan dari Johor hingga Maret mencapai 67 orang," kata Kasi Korban Tindak Kekerasan dan Pekerja Migran, Dinas Sosial Kota Batam, Miftahul Azhar di Batam, Kamis (24/3).

Mayoritas TKI yang dipulangkan, kata dia, adalah TKI ilegal sebanyak 36 orang sedang sisanya bermasalah dengan majikan. Sebagian besar TKI yang bermasalah dengan majikan itu karena tidak memiliki kemampuan bekerja seperti yang diharapkan sehingga dipulangkan kembali oleh majikan.

"Masalah ini disebabkan TKI yang dikirimkan ke Johor tidak mempunyai keterampilan seperti yang diharapkan oleh majikan," kata dia. Karena memiliki masalah dengan majikan, pada umumnya para TKI belum menerima gaji.

Sementara itu, satu dari 67 TKI yang dipulangkan, tiba di Tanah Air dalam kondisi depresi. Namun, ia enggan merinci dugaan alasan TKI menjadi stres.

Dinsos Batam, kata dia, hanya bertugas memfasilitasi dan menjadi tempat transit bagi TKI dari Johor sebelum dikembalikan ke Jakarta menumpang kapal Pelni.

Ia mengatakan pada Januari 2011 Malaysia memulangkan 27 orang, Februari tigaorang dan Maret sebanyak 37 orang. TKI yang dipulangkan, kata dia, terdiri atas 14 lelaki dewasa dan 49 perempuan dewasa serta dua anak lelaki dan dua perempuan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement