Selasa 07 Dec 2010 21:48 WIB
Muktamar V ICMI

Ilham Habibie Pimpin Sementara Perolehan Suara

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Endro Yuwanto
Ilham Habibie
Ilham Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Ilham Habibie, putra mantan Presiden RI BJ Habibie, memimpin perolehan suara sementara dalam pemungutan suara calon Presidium ICMI periode 2010-2015. Ilham memperoleh 157 suara dikuntit calon lainnya, Priyo Budi Santoso, dengan perolehan 129 suara.

Ketua Panitia Pelaksana, Ricky Rachmadi, mengatakan, pemungutan suara akan menyeleksi lima dari sebelas calon anggota presidium. "Jadi suara terbanyak belum tentu menjadi ketua presidium, masih menunggu hasil rapat dengan presidium lama untuk kemudian dibentuk formatur," kata Ricky di sela-sela acara pemungutan suara Muktamar V ICMI, di Bogor, Selasa (7/12).

Ricky melanjutkan, ada 11 nama yang secara resmi maju dalam pemilihan dewan presidium, Selasa dinihari (7/12). Mereka adalah Ilham Habibie, Marwah Daud, Sugiharto, Nanat Fatah Nasir, Azyumardi Azra, TA Sanny, Priyo Budi Santoso, Sri Astuti B, Zoer'aini Djamal Irwan, Zulkifli Hasan, dan Muhammad Musaad. Akan tetapi, Musaad, calon asal Papua, mengundurkan diri dari bursa pencalonan dewan presidium karena alasan teknis.

Berdasarkan AD/RT, hanya beberapa pihak saja yang memiliki hak suara dalam pemungutan suara. Meliputi Organisasi Satuan (Orsat) satu suara, Organisasi Daerah (Orda) satu suara, Organisasi Wilayah (Orwil) lima suara, dan Badan Otonom Pusat sebanyak satu suara. Namun, akhirnya pemungutan dilakukan dengan voting dari setiap peserta mukatamar.

Menilik jadwal muktamar, pemilihan dewan presidium seharusnya sudah selesai pukul 24.00 WIB. Dinamika muktamar membuat rangkaian kegiatan meleset dari jadwal yang sudah ditentukan. Pemungutan suara terus berlangsung hingga pukul 03.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement