Rabu 17 Nov 2010 03:46 WIB

Sumiati Dirawat Dokter Indonesia

Rep: ikh/ Red: Krisman Purwoko
Sumiati, TKI yang dianiaya majikannya di Arab Saudi
Sumiati, TKI yang dianiaya majikannya di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sumiati, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengalami penganiayaan di Arab Saudi, sudah dalam kondisi kesehatan stabil. Sumiati dalam perawatan dokter asal Indonesia yang sudah berpraktik lima tahun di Arab Saudi. Pemerintah Indonesia fokus memperoleh catatan medis Sumiati untuk memproses hukum pelaku penganiayaan.

"Sekarang fokus kita adalah segera memperoleh medical record kondisi beliau. Bukan saja untuk perawatan, melainkan juga adalah untuk proses hukum selanjutnya," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Kantor Presiden, Selasa (16/11). Pemerintah sudah memfasilitasi keberangkatan keluarga Sumiati ke Arab Saudi untuk memberi dukungan kepada Sumiati.

Marty mengatakan, Duta Besar Arab Saudi di Indonesia sudah dipanggil ke Kementerian Luar Negeri. "Di sini pemerintah Saudi juga mengecam dan juga menganggap ini tindakan yang tidak patut yang melanggar peri kemanusiaan dan bersama kita untuk memastikan bahwa pihak yang melakukan ini dihukum," kata Marty menegaskan. Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia dan Arab Saudi untuk mencegah peristiwa serupa terulang.

Menurut Marty, majikan yang melakukan penganiayaan kepada Sumiati sudah diproses kepolisian. "Kita sudah sampaikan bukan saja masalah perlindungan warganya dari segi kesehatan beliau dan juga bantuan bagi keluarganya untuk bisa ke sana, juga masalah pelaporan kepada pihak kepolisian dan juga dari segi diplomasi kepada pemerintah Saudinya sendiri," kata Marty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement