Jumat 01 Oct 2010 01:17 WIB

PKS Solo Tetapkan 16 Nama Calon Pimpinan

Rep: MY1/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO--Menjelang kegiatan musyawarah daerah (musda) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo menetapkan 16 nama calon untuk duduk menjadi Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD). Musda PKS Solo akan diselenggarakan pada 29-31 Oktober mendatang.

Menurut Ketua Panitia Musda, Bambang Sudarsono, pemilihan DPTD tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, pemilihan DPTD akan didahului dengan pemilihan umum internal yang dilaksanakan di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Solo. ''Pemilihan umum internal yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober mendatang akan memilih delapan dari 16 calon untuk DPTD,'' jelasnya Kamis (30/9).

Bambang menjelaskan 16 calon tersebut akan dipilih oleh 725 kader PKS yang memiliki hak pilih. ''Di pemilihan umum internal nanti, setiap kader akan mencontreng delapan nama dalam kertas suara,'' ujarnya.

Delapan nama yang telah terpilih selanjutnya akan dipilih dalam Musda untuk menentukan ketua DPD. Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan 16 nama calon tersebut telah dipilih sebelumnya melalui pemilihan permulaan. Kader yang masuk dalam 16 besar tersebut telah memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk memiliki /track-record/ yang baik. ''Awalnya ada 32 nama yang kita sodorkan ke Dewan Pimpinan Wilayah di Propinsi,'' katanya.

Dalam 16 nama tersebut, diakuinya tidak ada keterwakilan perempuan. Namun, dikatakannya, dalam 32 nama yang semula masuk dalam daftar nama calon terdapat 6 nama perempuan. ''Sudah ada lebih dari 10 persen nama perempuan yang dicalonkan tetapi yang tersaring DPW hanya 16 dan tidak ada nama perempuan yang ikut, '' terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement