Sabtu 04 Sep 2010 06:05 WIB

ICW Tolak Remisi Lebaran untuk Koruptor

Rep: indah wulandari/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kebijakan pemberian remisi bagi koruptor kala Lebaran sebaiknya tak diberikan. Lantaran akan menjadi celah koruptor untuk mengulang perbuatannya.

"Kita menolak pemberian remisi,karena justru menjadi celah untuk menyuburkan praktek korupsi,"terang peneliti hukum ICW Donal Fariz,Jumat (3/9).

Pasalnya, koruptor bisa berpikir adanya celah hukum berupa pengurangan hukuman bahkan pengampunan. Kalau pertimbangannya karena kemanusiaan,imbuh Donal,maka harus diingat jika korupsi itu tindak pidana yang melawan sifat-sifat kemanusiaan. "Pertimbangan kemanusiaan bisa dikecualikan kepada koruptor,"jelas Donal.

ICW pun menganggap,alasan Menkumham tidak berbanding lurus dengan semangat pemberantasan korupsi. Kalau cuma pertimbangn diskriminasi,lanjut Donal,harus kembali ke konsepsi awal. Yakni, bahwa sepanjang diskriminasi itu dinilai positif,maka itu diperbolehkan. "Apalagi kepada koruptor. Wajar mereka didiskriminasikan karena sifat kejahatan korupsi yang sudah extraordinary,"pungkas Donal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement