Selasa 31 Aug 2010 03:12 WIB

Pansel KY Pilih Calon Komisioner yang Lolos Tes Wawancara

Rep: Indah Wulandari/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Panitia Seleksi Komisi Yudisial (Pansel KY) membahas hasil seleksi profile assessment terhadap 40 kandidat. Rapat pleno akan memutuskan siapa saja calon yang berhak untuk maju ke seleksi tahap akhir, yakni wawancara.

Rapat yang digelar di kantor Ditjen Hak Asasi Manusia (HAM) di Gedung Pengadilan Tipikor tersebut dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Rapat yang berlangsung secara tertutup itu dipimpin langsung Ketua Pansel KY, Harkristuti Harkrisnowo.

Menurut anggota Koalisi Pemantau Peradilan (KPP) Asep Rahmat Fajar, rapat Pansel KY juga akan mencermati hasil rekam jejak 30 calon anggota KY yang merupakan hasil investigasi lembaganya. "KPP meminta pansel untuk melihat rekam jejak calon selain hasil profile assessment dan tadi Bu Tuti (Harkristuti) merespon positif permintaan kami," ujar Asep, Senin (30/8).

Direktur Operasional Indonesian Legal Roundtable itu menambahkan, koalisi juga sempat memaparkan kendala dalam investigasi rekam jejak. Koalisi meminta agar Pansel KY juga mendalami penelusuran rekam jejak para calon. Ia menilai, hanya ada 10 sampai 12 calon yang masih bisa diharapkan. Sebanyak sembilan calon tidak layak dan sisanya ada temuan tapi perlu diperdalam.

Sementara itu, rapat tidak dihadiri oleh seluruh anggota Pansel KY yang berjumlah 19 orang. Dua anggota Pansel, praktisi hukum Fred Tumbuan dan akademisi Satya Arinanto tidak terlihat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement