Sabtu 17 Jul 2010 02:11 WIB

Antisipasi Stok Darah Selama Ramadhan, PMI Buka Gerai Transfusi

Rep: Muhammad Fakhrudin/ Red: Siwi Tri Puji B
Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan terobosan dengan membuka gerai unit donor darah di pusat keramaian, untuk mengantisipasi ketersediaan darah selama bulan puasa. Salah satu UDD yang baru diluncurkan berada di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Untuk kali ini, PMI meluncurkan UDD di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang dengan luas area 120 meter persegi. Bersamaan dengan acara peluncuran ini, PMI bersama-sama dengan Pusat Grosir Tanah Abang menggelar aksi sosial donor darah.

"Bulan puasa sering terjadi permasalahan kurangnya jumlah pendonor. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memang sudah waktunya berdonor, segeralah mendonor, jangan menunda," kata Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, Jumat (16/7).

Menurut Jusuf Kalla, pembangunan gerai UDD di pasar, mal, dan kampus menjadi salah satu upaya PMI untuk mencapai target 4,8 juta kantong darah, yang menjadi kebutuhan masyarakat secara nasional. "Idealnya stok kantong darah yang diperlukan secara nasional adalah dua persen dari jumlah penduduk. Sejauh ini PMI baru bisa mengumpulkan 1,9 juta kantong darah. Jadi masih kurang sekitar 3 juta kantong," kata Jusuf Kalla. Di DKI Jakarta, kebutuhan darah termasuk sangat tinggi, yakni mencapai sekitar seribu kantong per harinya.

Dia berharap, diresmikannya gerai UDD di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang ini, bisa mendekatkan donor darah kepada masyarakat luas, sehingga menjadi bagian dari gaya hidup. Dalam waktu dekat, lanjut Jusuf Kalla, gerai UDD juga akan dibuka di Universitas Trisakti, Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, dan Universitas Jember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement