Jumat 28 May 2010 03:59 WIB

Arist Merdeka Sirait, Ketua Baru Komnas Perlindungan Anak

Rep: Maryana/ Red: Endro Yuwanto
Arist Merdeka Sirait
Arist Merdeka Sirait

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI--Arist Merdeka Sirait terpilih menjadi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), periode 2010-2014. Arist terpilih secara aklamasi pada Kongres Komnas PA di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/5).

Seusai terpilih, Arist mengatakan, peserta kongres adalah pengurus lembaga perlindungan anak dari seluruh Indonesia. Akan tetapi, dari 129 peserta yang hadir tidak ada satu pun yang maju sebagai calon ketua.

"Saya sebagai satu-satunya calon diputuskan langsung sebagai ketua untuk empat tahun ke depan" ujar Arist kepada wartawan, Kamis (27/5).

Pemilihan pengurus Komnas PA dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pemilihan ketua komnas, komisioner komnas, dan komisoner regional. Peserta Kongres, lanjut Arist, lebih memilih mencalonkan diri sebagai komisioner dan komisioner regional.

Komisioner memiliki enam jabatan strategis, yaitu komisi perlindungan hak anak dan kajian standar pelayanan, komisi advokasi penguatan kelembagaan dan kerja sama, komisi advokasi dan reformasi hukum, komisi sosialisasi dan promosi hak anak, serta komisi pengembangan.

Sementara itu, Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto yang menjabat ketua Komnas PA selama 12 tahun, diangkat menjadi Ketua Dewan Konsultatif Nasional. Sedangkan jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) dipegang Syamsul Ridwan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement