Sabtu 22 May 2010 03:11 WIB

"Lestarikan Musik Keroncong", Pesan Gesang pada Banyak Orang

Rep: My01/ Red: Siwi Tri Puji B
.
Foto: .
.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Gesang semasa hidupnya senantiasa menitipkan pesan bagi generasi penerusnya untuk selalu melestarikan musik keroncong. Pesan yang sama juga dititipkan pada sejumlah musisi dan penyanyi. Salah satunya adalah penyanyi senior Waljinah. "Keroncong dibangkitkan terus, jangan sampai mati, " tutur Waljinah menirukan.

Pesan yang sama disampaikan Gesang pada Sundari Sukotjo. "Satu pesan beliau yang tidak pernah saya lupakan. Beliau selalu berpesan, jangan biarkan musik keroncong mati. Apapun yang terjadi, harus bertahan di jalur musik keroncong," ungkapnya ketika ditemui dalam kesempatan yang sama.

Berita meninggalnya Gesang sempat membuat Sundari menyesal karena tak sempat untuk menjenguk di rumah sakit. "Sebenarnya saya sudah merencanakan dalam pekan ini akan ke Solo untuk menjenguk Bapak (Gesang) dan Bu Waljinah yang juga sedang sakit. Tapi apa mau dikata, takdir berkata lain," cerita dia.

Bagi pelantun tembang keroncong senior Sundari Sukotjo, sosok Gesang tak hanya dianggap sebagai maestro, akan tetapi juga guru serta penyemangat dalam kariernya menapaki jalur musik keroncong. "Di mata saya, Gesang adalah maestro. Tidak pernah mendapat pendidikan musik tapi lihai, " ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement