Rabu 01 Feb 2023 00:36 WIB

Sultan HB X Siap Terima Kunjungan Perwakilan Paus Fransiskus

Kardinal Ayuso mewakili Paus menerima Doctor Honoris Causa dari UIN Sunan Kalijogo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut baik dan siap menerima rencana kunjungan perwakilan Paus Fransiskus, yakni Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot MCCJ yang akan datang ke Kota Yogyakarta, untuk beraudiensi.

"Ini merupakan kunjungan antarnegara, jadi nanti kami siap menerima dan kami siapkan sesuai protokoler," kata Sultan HB X pada audiensi dengan anggota Persatuan Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) di kantor Gubernur DIY, Selasa (31/1/2023).

Kardinal Ayuso yang membidangi Dialog Antaragama dari Vatikan akan ke Yogyakarta untuk mewakili Paus Fransiskus menerima Gelar Kehormatan Doctor Honoris Causa (HC) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta pada 13 Februari 2023.

"Paus Fransiskus tidak dapat datang ke Yogyakarta untuk menerima langsung gelar kehormatan Doctor Honoris Causa (HC) dari UIN Sunan Kalijaga, sehingga mewakilkan kepada Kardinal Ayuso untuk menerimanya," kata pimpinan delegasi PWKI Mayong Suryolaksono.

Mayong yang didampingi Penasihat dan Pendiri PWKI Putut Prabantoro mengatakan, kedatangan Kardinal Ayuso kepada Sultan HB X juga merupakan kunjungan balasan dari Paus Fransiskus, setelah sebelumnya rombongan PWKI melakukan kunjungan resmi ke Tahta Suci Vatikan.

"Saat kunjungan delegasi PWKI ke Vatikan pada 16 November 2022, kami juga menyerahkan hadiah cenderamata berupa Gunungan Wayang Kulit dari Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kain Batik Ceplok Mangkara Latar Kawung dari GKBRAy Adipati Paku Alam X untuk Paus Fransiskus," kata Mayong.

Dia mengatakan, selain itu, pada kunjungan delegasi PWKI ke Vatikan juga ada hadiah lainnya berupa Lukisan dan Patung Maria Bunda Segala Suku dari Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo dan Buku Karya Rm Sandro Peccati SX, misionaris Italia yang telah 60 tahun berkarya di Indonesia.

"Kunjungan PWKI ke Vatikan dalam rangka mempromosikan perdamaian dunia yang merupakan amanat Pembukaan UUD 1945 dan Dokumen Abu Dhabi tentang 'Human Fraternity for World Peace and Living Together' (Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama)," kata Mayong.

Dia mengatakan, dalam audiensi dengan Sultan HB X, delegasi PWKI juga menyerahkan foto dokumentasi audiensi umum di Basilica St Petrus pada 16 November 2022 dan juga kliping pemberitaan di media massa dengan judul "Paus Fransiskus menyambut gembira hadiah, termasuk dari DIY yang menunjukkan persaudaraan kerukunan antarumat beragama."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement