REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi Karya Jurnalistik MediaMIND 2025 resmi ditutup dengan telah selesainya proses penjurian final pada 8 Desember 2025. Peningkatan jumlah karya pada penyelenggaraan MediaMIND tahun keempat, menunjukkan dukungan publik terhadap sektor pertambangan dan inisiatif strategis Grup MIND ID, terus meningkat.
Total karya yang masuk sejak kompetisi dibuka pada 11 Juli 2025 hingga 25 November 2025 mencapai 794 peserta dari sejumlah kategori. Jumlah itu atau meningkat 32 persen dibanding MediaMIND 2024 yang mengumpulkan 603 karya.
Menariknya, peningkatan terbesar justru datang dari kategori publik dan mahasiswa, terutama pada karya konten media sosial. Kedua kategori itu menjadi penanda bahwa publik juga menjadi bagian yang dapat dioptimalkan dalam memperkuat penciptaan nilai tambah industri pertambangan ke depan.
Pada kategori media, infografis menjadi salah satu kategori dengan pertumbuhan signifikan. Hal itu menggambarkan bahwa media kini memiliki cara yang lebih inovatif dalam menyajikan fakta secara visual, padat, dan mudah dipahami.
Corporate Secretary MIND ID, Pria Utama, menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta dari berbagai kalangan, baik jurnalis, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Menurut dia, meningkatnya partisipasi dari berbagai kelompok menunjukkan bahwa MediaMIND tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga ruang dialog kreatif antara industri, media, dan publik.
"Kenaikan jumlah karya menunjukkan bahwa kepedulian publik terhadap masa depan sektor pertambangan begitu tinggi. Ini bukan hanya angka, tetapi energi kolektif yang mendorong kami untuk terus bergerak maju membangun masa depan," ujar Pria di Jakarta, Selasa (9/12/2025).