Selasa 09 Sep 2025 13:51 WIB

Mahasiswi Prodi Bisnis Digital Cyber University Ini Sukses Tembus Pasar Global Lewat Fintech

Teknologi digital dan fintech menjadi jembatan UMKM Indonesia dengan diaspora.

Anita Nur Faigah, mahasiswi Cyber University berhasil mengintegrasikan strategi fintech untuk menjangkau konsumen diaspora saat ia magang di PT Master Bagasi Indonesia,
Foto: Cyber University
Anita Nur Faigah, mahasiswi Cyber University berhasil mengintegrasikan strategi fintech untuk menjangkau konsumen diaspora saat ia magang di PT Master Bagasi Indonesia,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anita Nur Faigah, mahasiswi Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Cyber University, berhasil memanfaatkan magangnya di PT Master Bagasi Indonesia untuk mengoptimalkan strategi digital engagement berbasis teknologi finansial (fintech) bagi UMKM Indonesia di pasar diaspora.

Pengalaman ini tidak hanya memperkaya wawasan akademik Anita, tetapi juga menghasilkan inovasi yang dibagikan dalam Pameran Poster Magang.

Selama magang di perusahaan e-commerce yang fokus pada UMKM ini, Anita terlibat langsung dalam aktivitas Sales Relation dan Digital Engagement Master Bagasi. Ia mengelola media sosial dan mengintegrasikan strategi fintech untuk menjangkau konsumen diaspora.

Melalui observasi dan riset, Anita menemukan fintech berperan krusial, tak hanya dalam mempermudah transaksi lintas negara, tetapi juga dalam pengumpulan data, personalisasi pemasaran digital, dan pengambilan keputusan manajerial.

"Pengalaman magang di PT Master Bagasi memberikan saya kesempatan memahami bagaimana teknologi digital dan fintech bisa menjadi jembatan antara UMKM Indonesia dengan diaspora di seluruh dunia. Tidak sekadar soal transaksi, tetapi juga membangun relasi emosional melalui konten budaya, layanan responsif, dan komunitas digital," jelas Anita dalam rilis yang diterima, Selasa (9/9/2025).

Anita juga aktif mengelola akun media sosial Co-Founder Master Bagasi, menciptakan konten menarik, berinteraksi langsung dengan diaspora melalui pesan langsung, dan menganalisis engagement berdasarkan segmentasi negara.

Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan loyalitas konsumen diaspora terhadap produk lokal Indonesia.

Di samping itu, Vivi Afifah, Ketua Prodi Bisnis Digital Cyber University dan sekaligus pembimbing magang Anita, menyatakan, program magang yang dijalankan Anita menjadi bukti nyata bahwa sinergi dunia akademik, industri digital, dan UMKM dapat melahirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan pasar global.

‘’Dengan semangat digitalisasi, ia berharap dapat terus berkontribusi dalam mendorong UMKM Indonesia menembus pasar internasional melalui strategi berbasis teknologi,’’ katanya.

Keberhasilan Anita ini membuktikan komitmen Cyber University sebagai The First Fintech University in Indonesia, dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan industri digital global, khususnya dalam memanfaatkan fintech untuk pengembangan UMKM Indonesia di pasar internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement