Selasa 19 Aug 2025 11:28 WIB

UNM Punya Kampus di Roblox! Mahasiswa Ciptakan Virtual Tour untuk Branding Digital

Muhammad Ibrahim mendesain UNM secara virtual di Roblox.

Muhammad Ibrahim, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil merancang representasi virtual Kampus UNM di platform Roblox.
Foto: UNM
Muhammad Ibrahim, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil merancang representasi virtual Kampus UNM di platform Roblox.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Muhammad Ibrahim, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) membuat inovasi yang tak biasa. Menggabungkan kreativitas, teknologi, dan tren metaverse gaming, Ibrahim berhasil merancang representasi virtual Kampus UNM di platform Roblox. 

Memanfaatkan Roblox Studio, Ibrahim membangun desain kampus yang menyerupai suasana nyata, mulai dari area kelas, ruang seminar, hingga spot interaktif yang dapat dieksplorasi pemain. Proyek ini tidak hanya berfungsi sebagai media promosi kampus, tapi juga sebagai ruang interaksi digital, memungkinkan calon mahasiswa dan masyarakat umum merasakan pengalaman 'mengunjungi' UNM secara virtual.

Sebagai Kampus Digital Bisnis, UNM terus mendorong mahasiswanya untuk mengembangkan ide-ide kreatif berbasis teknologi. Lia Mazia, selaku Ketua Prodi Bisnis Digital UNM, memberikan apresiasi penuh terhadap karya ini.

“Kami sangat bangga dengan langkah inovatif yang dilakukan oleh Muhammad Ibrahim. Proyek ini menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Bisnis Digital mampu memanfaatkan tren teknologi global untuk membangun branding kampus yang kreatif dan interaktif. Roblox sebagai platform internasional memberi peluang besar untuk menjangkau generasi Z secara global,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Selasa (19/8).

Ia menambahkan pencapaian seperti ini sejalan dengan visi UNM melalui Internship Experience Program (IEP) 3+1. Di program ini, mahasiswa menempuh tiga tahun kuliah di kampus dan satu tahun magang profesional di perusahaan ternama, baik nasional maupun multinasional yang menjadi mitra kampus.

“Melalui pembelajaran yang aplikatif dan peluang magang di dunia industri, mahasiswa bisa langsung mengimplementasikan keterampilan digital mereka, seperti yang dilakukan Ibrahim. Inilah bukti nyata bahwa kreativitas dan teknologi bisa berjalan beriringan,” kata dia.

Sementara itu, Ibrahim mengungkapkan idenya terinspirasi dari tren metaverse dan virtual campus tour yang mulai diadopsi berbagai universitas di dunia.

“Saya ingin memperkenalkan UNM kepada publik dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Dengan Roblox, siapa pun bisa merasakan atmosfer kampus meski berada jauh dari lokasi sebenarnya,” kata Ibrahim.

Ke depan, Prodi Bisnis Digital UNM berencana mengembangkan dunia virtual ini menjadi lebih interaktif, termasuk penambahan simulasi kegiatan mahasiswa, pameran karya digital, hingga pelatihan berbasis game untuk mendukung pembelajaran kreatif. Inisiatif ini diharapkan menjadi model inovasi branding kampus di era transformasi digital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement