Ahad 27 Oct 2024 06:45 WIB

Begini Kesan para Menteri Ikut Penggemblengan Empat Hari di Lembah Tidar Magelang

Para menteri dihadapkan dengan keadaan yang bukan merupakan rutinitasnya.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Jajaran Kabinet Merah Putih berjalan bersama untuk mengikuti acara Parade Senja, di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Jajaran Kabinet Merah Putih berjalan bersama untuk mengikuti acara Parade Senja, di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menilai, retreat Kabinet Merah Putih yang dilaksanakan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, sangat baik untuk menjaga hubungan antar-menteri. Pasalnya, para menteri dihadapkan dengan keadaan yang bukan merupakan rutinitasnya.

Dito mengatakan, rangkaian yang disusun sepanjang kegiatan sangat efektif untuk para menteri menyamakan langkah dan frekuensi. Kegiatan dalam penggemblengan itu juga dinilai dapat menumbuhkan chemistry di antara para menteri.

Baca Juga

"Saya rasa ini adalah suatu rangkaian yang sangat efektif di Kabinet Merah Putih bisa menyamakan langkah frekuensi dan ini dibikinkan kegiatan yang saya rasa hampir mayoritas anggota kabinet tidak terbiasa, tidur di tenda, bangun jam 4 pagi dan langsung kita baris berbaris dan senam," kata dia di Akmil Magelang, Sabtu (26/10/2024).

Apalagi, ia menambahkan, para menteri juga menerima subtansi yang sangat penting. Hal itu dinilai menjadi bekal untuk mempercepat kerja Kabinet Merah Putih. "Karena Bapak Presiden ingin pemerintahan Kabinet Merah Putih berjalan cepat," kata dia.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi mengatakan, kekompakan seluruh anggota Kabinet Merah Putih sangat luar biasa selama di Akmil Magelang. Pasalnya, selama berada di Lembah Tidar, para menteri dan wakil menteri selalu melakukan kegiatan bersama-sama.

"Berangkat bersama, makan bersama, berkegiatan bersama, mendengarkan arahan bersama. Luar biasa. Saya melihat teman-teman kabinet sangat senang, sangat gembira, banyak mendapatkan ilmu baru dan terutama kekompakan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement