Sabtu 26 Oct 2024 01:06 WIB

Prabowo Pamer Enam Anggota Kabinetnya Peraih Adhi Makayasa

Saya bersyukur, saya beruntung, saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Presiden Prabowo Subianto saat makan malam bersama di Ruang Makan Husein Akmil, Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Presiden Prabowo Subianto saat makan malam bersama di Ruang Makan Husein Akmil, Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Presiden Prabowo Subianto memamerkan anggota kabinetnya yang merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol) saat makan malam bersama di Ruang Makan Husein Akmil, Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Pasalnya, terdapat setidaknya enam lulusan Akmil maupun Akpol di Kabinet Merah Putih meraih penghargaan Adhi Makayasa.

Prabowo mengaku gembira terdapat para alumni terbaik dari Akmil maupun Akpol dalam kabinetnya. Menurut dia, dua dari enam peraih Adhi Makayasa merupakan lulusan Akpol. Sementara empat sisanya merupakan lulusan Akmil.

Baca Juga

"Saya bersyukur, saya beruntung, saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya. Ternyata ada enam lulusan terbaik, (peraih) Adhi Makayasa di kabinet saya," kata lulusan Akbari yang sekarang bernama Akmil 1974 ini di kompleks Akmil Magelang, sebelum gala dinner.

Saat menyebutkan para lulusan terbaik dari Akpol, Prabowo meminta dua orang itu berdiri. Namun, ia tak menyebut masing-masing nama lulusan Adhi Makayasa dari Akpol. Namun, salah satunya adalah Jenderal (Purn) Tito Karnavian, yang kini menjabat menteri dalam negeri (mendagri).

Baca: Pertama Kali Kapal Perang RI Bersandar di Kepulauan Solomon

Selain dari peraih Adhi Makayasa dari Akpol, Prabowo juga menyebutkan satu per satu namanya penerima penghargaan Adhi Makayasa yang merupakan lulusan Akmil 1987. Nama pertama yang disebutkan adalah Letnan Jenderal (Purn) Muhammad Herindra, yang kini menjabat sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Kedua, Prabowo juga menyebut nama Marsekal Madya (Purn) Donny Ermawan, yang kini menjabat sebagai wakil menteri pertahanan (wamenhan). Donny merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara angkatan 1988.

Ketiga adalah Letnan Kolonel (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara, yang kini menjadi menteri transmigrasi. Ia merupakan lulusan terbaik Akmil angkatan 1999.

Terakhir, Prabowo menyebutkan nama Mayor (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat sebagai menteri koordinator infrastruktur dan pembangunan wilayah. AHY merupakan lulusan terbaik Akmil angkatan 2000.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement