Jumat 25 Oct 2024 12:47 WIB

Wamendagri Ungkap Prabowo Arahkan Keberlanjutan Hilirisasi dan Swasembada

Presiden Prabowo berpesan ke Kabinet Merah Putih, jangan mau didikte oleh asing.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Presiden Prabowo Subianto menyampaikan arahan seputar keberlanjutan hilirisasi, swasembada pangan, hingga energi dalam pidatonya saat membuka agenda hari pertama pembekalan Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

"Pada intinya, adalah bagaimana melanjutkan hilirisasi, swasembada pangan, dan swasembada energi," kata Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto yang hadir dalam agenda pembukaan retreat di lingkungan Akmil, Magelang, Jumat.

Baca Juga

Menurut Bima, hal penting lainnya yang juga disampaikan Prabowo kepada jajaran kabinet adalah arahan untuk jangan mau didikte oleh kepentingan asing dalam setiap tahap pembangunan nasional. "Jangan mau didikte oleh kepentingan asing," katanya mengutip pesan Presiden Prabowo kepada anggota kabinet.

Mantan wali kota Bogor tersebut menjelaskan, Prabowo membuka pembekalan dengan memberi arahan kepada peserta yang berlangsung usai kegiatan olahraga dan santap pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Pembukaan berlangsung di ruang terbuka kompleks Akmil Magelang yang menghadirkan para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga penasihat khusus presiden.

Kegiatan tersebut berlangsung sekitar 4,5 jam hingga memasuki jeda salat Jumat berjemaah di tenda dome lingkungan Akmil. Acara berhenti karena sebagian peserta harus mengikuti sholat Jumat di Akmil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement