Ahad 20 Oct 2024 15:23 WIB

Amankan Kepulangan Jokowi ke Solo, 1.116 Personel Gabungan Diterjunkan

Jokowi akan menggunakan mobil bak terbuka agar masyarakat bisa melihat langsung.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Teguh Firmansyah
Apel pengamanan Polresta Solo terkait kepulangan presiden ke-7 Joko Widodo dan Iriana Jokowi ke kediamannya di kawasan Stadion Manahan Solo, Ahad (21/10/2024). Dok Alfian choie
Foto: Noor Alfian
Apel pengamanan Polresta Solo terkait kepulangan presiden ke-7 Joko Widodo dan Iriana Jokowi ke kediamannya di kawasan Stadion Manahan Solo, Ahad (21/10/2024). Dok Alfian choie

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Polresta Solo bersama stakeholder terkait menggelar apel pengamanan kepulangan Presiden RI ke-7 di kawasan Stadion Manahan Solo, Ahad (20/10/2024).

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, kepolisian menerjunkan 1.116 personel gabungan untuk mengamankan kepulangan Jokowi. Presiden ke-7 bersama istrinya Iriana Jokowi tersebut akan tiba di bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

"1116 personel gabungan TNI-Polri kemudian Satpol PP, Linmas, Dishub dan Damkar yang nantinya akan melaksanakan pengamanan sepanjang kegiatan ini berlangsung," kata Iwan, Ahad (20/10/2024).

Iwan mengatakan tugasnya adalah mengamankan prosesi kepulangan Jokowi dan Iriana hingga tiba di kediaman nanti. Petugas juga mengawal acara agar berlangsung secara lancar.

"Tugas kita adalah menjamin keamanan beliau, kepulangan beliau sampai dengan kediaman nanti dan menjamin kegiatan ini berlangsung dengan lancar, aman, tidak ada gangguan dari pihak manapun," katanya.

"Termasuk masyarakat yang hadir pun juga kita pastikan agar aman dari mulai hadir sampai dengan selesai kegiatan nanti bubar ke tempat masing-masing dengan aman tidak ada hal-hal Apapun yang terjadi yang diluar kehendak kita," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyebut rencana Jokowi akan menggunakan mobil bak terbuka agar masyarakat yang menyambut kepulangannya dapat menyaksikan secara langsung.

"Disiapkan kendaraan bak terbuka jadi kendaraan bak terbuka dimana beliau bisa berinteraksi dengan masyarakat tentunya agar beliau tidak akan terhalang. Bagaimana masyarakat akan menyambut kedatangan beliau dan bergembira atas kepulangan beliau ke Solo," katanya.

Pihaknya memperkirakan akan ada lebih dari 30 ribu masyarakat yang ikut menyambut kepulangannya Jokowi. Ia juga mengatakan kini masyarakat sudah mulai memadati jalan yang akan dilalui presiden Jokowi dari Bandara Adi Soemarmo atau jalan Adi Sucipto hingga di sekitar kediamannya Jokowi.

"Kita perkirakan lebih dari 30 ribuan masyarakat nanti akan ikut hadir menyemarakkan, menyambut kepulangan beliau presiden ke-7 Bapak Insinyur Joko Widodo dan ibu Iriana kembali ke kediaman Sumber," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement