Jumat 04 Oct 2024 13:37 WIB

Tren Kenaikan Elektabilitas Pramono-Rano Mengejar RIDO Merujuk Tiga Lembaga Survei

Belum ada pasangan calon di Pilgub Jakarta yang mencapai elektabilitas 50 persen.

Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno menunjukkan nomor urut pada acara rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2024 di Gedung KPU Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/9/2024). KPU Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur untuk Pilgub Jakarta 2024 yaitu dengan hasil Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor 3.
Foto:

Chico juga optimistis pada hari pencoblosan 27 November Pramono-Rano bisa menang satu putaran. Keyakinan ini juga didukung dengan optimisme timnya dalam waktu 2-3 minggu bisa mencapai 40 persen dan menjelang pencoblosan bisa 55 persen.

Dalam simulasi pasangan cagub-cawagub Jakarta jika melihat tren dari tiga survei nasional tadi terlihat gap elektabilitas dari awal September hingga akhir September 2024. Bila dirinci hasil survei tiga lembaga survei nasional, dalam survei LSI yang digelar 6-12 September 2024, elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono 51,80 persen, Pramono-Rano 28,40 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,20 persen.

Lalu, dalam survei beberapa hari kemudian yang dilakukan oleh Poltracking pada 9-15 September 2024, elektabilitas RK-Suswono turun ke angka 47,50 persen, Pramono-Rano naik ke angka 31,50 persen, dan Dharma-Kun naik ke angka 5,10 persen. Selanjutnya, dalam survei terbaru yang dilakukan Charta Politika pada 19-24 September 2024 elektabilitas RK-Suswono naik tipis jadi 48,30 persen, Pramono-Rano melonjak jadi 36,50 persen, dan Dharma-Kun naik jadi 5,60 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Tim Pemenangan Pramono-Rano Prasetyo Edi Marsudi mengatakan peningkatan elektabilitas Pramono-Rano karena program yang dibawa dalam kampanye terbukti nyambung dengan kebutuhan masyarakat.

"Alhamdulillah trennya naik terus. Saya kasih masukan ke Mas Pram. Pada dasarnya masalah Jakarta itu ada tiga, macet, banjir dan pendidikan. Alhamdulillah nyambung. Doel bekas gubernur dan Pramono mantan Sekjen PDIP dan Sekretaris Kabinet dua periode," ujar Prasetyo.

KPU DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9).

Ketiga paslon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1 dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen nomor urut 2 serta Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement