Rabu 25 Sep 2024 10:36 WIB

Media Israel Ini Percaya Hizbullah Lebanon Masih Kuat dan Mampu Serang Israel

Israel melakukan serangan ke Lebanon markas Hisbullah

Hizbullah - ilustrasi. Israel melakukan serangan ke Lebanon markas Hizbullah
Hizbullah - ilustrasi. Israel melakukan serangan ke Lebanon markas Hizbullah

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT- Hizbullah Lebanon belum jera dengan serangan-serangan yang dilancarkan baru-baru ini terhadapnya dan tidak akan menyerah untuk mengejutkan Israel dengan serangan gaya 7 Oktober, menurut koresponden Maariv Israel, Peled Arbeli, yang menyatakan bahwa Hizbullah masih terus mengembangkan rencana dan taktiknya.

Hizbullah masih mengembangkan rencana dan metodenya, kata Arbeli, dan menyerukan kepada tentara Israel untuk tidak menerima perang “rutin” dengan apa yang ia gambarkan sebagai organisasi paling berbahaya di wilayah tersebut, dikutip dari Aljazera, Rabu (25/9/2024). 

Baca Juga

Dalam pengantar artikelnya, jurnalis Israel tersebut mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah sangat peduli dengan narasi dan ancaman, namun dia masih menahan diri, dan mengendalikan serta mengarahkan kampanye melawan Israel.

Nasrallah, “Sangat ingin menyimpan kartunya dan kartu Iran di dekat dadanya, terlepas dari serangkaian serangan yang dilancarkan Israel terhadap partai tersebut, yang telah menyingkirkan orang-orang yang dekat dengannya di dalam partai dan membuatnya terpojok,” katanya.

Arbeli memperingatkan bahwa bahkan jika Hizbullah melakukan eskalasi yang diperhitungkan terhadap Israel, mereka berhak untuk “membuat versinya sendiri tentang serangan 7 Oktober”, mengacu pada Operasi Badai al-Aqsa, mencatat bahwa dalam 18 tahun sejak Perang Lebanon Kedua, kelompok tersebut “telah mempersenjatai dirinya sendiri tanpa bisa dikenali dan mengubah dirinya menjadi organisasi teroris yang paling berbahaya dan paling kuat di Timur Tengah, sebagaimana yang dikatakan oleh beberapa orang di dunia.”

“Mereka tidak menunggu dan tidak membiarkan musuh di negeri pohon aras untuk pulih, dan mereka memberikan pukulan yang lebih parah, termasuk pembunuhan (Ibrahim) Aqeel dan 15 pejabat senior Pasukan Radwan dalam serangan udara,” katanya.

Elemen kejutan

Arbeli meminta intelijen militer dan badan intelijen Israel lainnya untuk waspada, dengan mengatakan, “Penting untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa Nasrallah belum kehilangan motivasi untuk bersekongkol, mempertahankan elemen kejutan dan tidak takut,” katanya.

“Saya berharap bahwa kepemimpinan Israel, militer dan politik, tidak akan puas dengan apa yang telah dilakukannya terhadap cabang gurita Iran di Lebanon sejauh ini. Pengalaman pahit telah mengajarkan kita bahwa para pejabat di Israel terlalu nyaman dengan kejayaan pencegahan.”

“Kali ini, pendekatan yang berbeda diperlukan, sehingga pesan yang lebih jelas harus dikirim ke Hizbullah bahwa Israel tidak akan menerima perang rutin di utara. Persamaan yang sangat disukai Nasrallah telah berubah.”

BACA JUGA: Israel Larang Adzan Berkumandang di Masjid Ibrahimi Sudah Lebih dari 8 Hari

“Kita harus bertahan dan terus berada di jalur yang sama dan menolak semua ancaman di semua perbatasan kita. Kita tidak boleh meremehkan Hizbullah, mereka adalah musuh yang kejam dan kuat, dan mereka memiliki kemampuan lain yang belum pernah kita rasakan.”

Sementara jurnalis Maariv percaya bahwa serangan Israel setelah hampir satu tahun mengalami kebuntuan adalah jalan yang benar, ia menyatakan skeptis apakah eskalasi akan membawa warga Israel kembali ke pemukiman mereka di utara.

Serangan udara...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement