Sabtu 21 Sep 2024 11:13 WIB

OPM Bebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Marthens

Pilot Philip dalam keadaan sehat dan diterbangkan dari Nduga menuju Timika.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali merilis nasib dan keberadaan pilot Susi Air Philip Mark Marthens, Jumat (12/4/2024).
Foto: dok. TPNPB-OPM
Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali merilis nasib dan keberadaan pilot Susi Air Philip Mark Marthens, Jumat (12/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, NDUGA -- Pilot maskapai Susi Air, Kapten Philip Mark Marthens, akhirnya dibebaskan setelah disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah Egianus Kogoya pada Sabtu (21/9/2024). Philip yang berkewarganegaraan Selandia Baru sudah disandera sekitar 1,5 tahun terakhir.

Baca: Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Sertijab Danbrigif 18/Trisula

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Bayu menjelaskan, penjemputan Kapten Philip oleh aparat dilakukan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Setelah itu, Kapten Philip yang terlihat lebih kurus dibawa ruangan khusus untuk menjalani perawatan medis sekaligus memastikan kondisi psikologisnya stabil.

Baca: Wakil KSAU Kunjungi Pabrikan Simulator F-16 Simigon di AS

Dalam foto yang dibagikan Satgas Operasi Damai Cartenz, wajah Philip dipenuhi kumis, jambang, dan rambutnya gondrong. Dia pun memakai kalung kala berbincang dengan aparat kepolisian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement