Selasa 17 Sep 2024 07:40 WIB

Batak Berlari 2024 Gabungkan Olahraga dengan Pengenalan Budaya dan Charity

Acara ini diikuti oleh 789 peserta dari berbagai suku, ras, dan agama.

OneLoveSpiritHope Community yang dinaungi oleh gereja HKBP Pasar Rebo sukses menggelar acara Batak Berlari 2024, sebuah acara lari yang mengusung tema Fun Walk and Fun Run for Charity Donation di QBIG BSD City, Kota Tangerang, Ahad (15/9/2024).
Foto: Dok. Rep
OneLoveSpiritHope Community yang dinaungi oleh gereja HKBP Pasar Rebo sukses menggelar acara Batak Berlari 2024, sebuah acara lari yang mengusung tema Fun Walk and Fun Run for Charity Donation di QBIG BSD City, Kota Tangerang, Ahad (15/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- OneLoveSpiritHope Community yang dinaungi oleh gereja HKBP Pasar Rebo sukses menggelar acara Batak Berlari 2024, sebuah acara lari yang mengusung tema “Fun Walk and Fun Run for Charity Donation” di QBIG BSD City, Kota Tangerang, Ahad (15/9/2024).

Ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-45 HKBP Pasar Rebo. Ketua Panitia Batak Berlari 2024, SJ Dewantara Nababan optimis Batak Berlari dapat meninggalkan kesan dan pengalaman berharga bagi warga jemaat HKBP Pasar Rebo.

Baca Juga

"Batak Berlari bisa menjadi sejarah baru bagi warga jemaat HKBP Pasar Rebo. Jadi awalnya kami berpikir bagaimana menggabungkan olahraga sekaligus memperkenalkan budaya ditambah dengan charity," kata Dewantara, Ahad (15/9/2024).

Acara ini diikuti oleh 789 peserta dari berbagai suku, ras, dan agama yang menandakan inklusivitas dan persatuan dalam keragaman. Batak Berlari 2024 juga merupakan bagian dari dukungan terhadap Tahun Oikumene Inklusif HKBP, yang bertujuan untuk menyuarakan solidaritas dan kebersamaan bagi sesama, khususnya dalam lingkup budaya Batak.

Batak Berlari 2024 menawarkan pengalaman lari yang unik dan berkesan, menggabungkan semangat olahraga dengan budaya Batak dan kepedulian sosial. Acara ini menyediakan dua pilihan rute, yakni 2,5 kilometer dan 5 kilometer.

Selain berolahraga, peserta juga disuguhi hiburan seni budaya khas Batak. Pada rute 2,5 kilometer, para peserta dihibur dengan tari Tortor yang meriah dan musik Batak yang energik, menciptakan suasana semarak yang mencerminkan kekayaan budaya suku Batak.

Project Manager, Mayar Funny Domina Nainggolan mengatakan setiap Batak Berlari 2024 dapat merasakan indahnya kebudayaan batak yang juga bisa dinikmati bersama semua golongan masyarakat.

"Setiap peserta juga menerima race pack eksklusif yang berisi jersey, medali, dan nomor bib dengan desain khas Batak, semakin mempertegas unsur kearifan lokal yang diusung dalam acara ini," ujar Mayar.

Selain sebagai ajang olahraga dan perayaan budaya, Batak Berlari 2024 juga memiliki tujuan sosial yang sangat penting. Acara ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp19.495.000 yang akan disalurkan ke HKBP Distrik VIII Jakarta untuk mendukung program HKBP Peduli Difabel.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas melalui pelatihan keterampilan, penyediaan fasilitas, serta advokasi. Sebagai informasi, periode penggalangan dana masih berlangsung hingga 29 September 2024, dan angka donasi masih bisa terus bertambah seiring partisipasi dari masyarakat.

Dalam rangka menciptakan acara yang benar-benar inklusif, Batak Berlari 2024 juga memberikan kesempatan kepada teman-teman difabel untuk ikut serta dalam acara lari ini. Para difabel yang berpartisipasi didampingi oleh pelari dan pendamping.

sumber : Rep
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement