Ahad 15 Sep 2024 11:45 WIB

Libur Panjang Akhir Pekan, Penumpang Whoosh Naik 25 Persen

Tiket yang terjual pada 13-16 September 2024, sudah mencapai 75 ribu penumpang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Erik Purnama Putra
Pramugari bersiap menyambut penumpang Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pramugari bersiap menyambut penumpang Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, penumpang Kereta Cepat Whoosh naik signifikan pada periode libur panjang akhir pekan Maulid Nabi 13-16 September 2024. Eva menyampaikan, peningkatan penumpang sebesar 25 persen pada momen liburan kali ini jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

"Pada 13 September 2024, penumpang yang menggunakan Whoosh mencapai 22.159 penumpang. Adapun secara keseluruhan, tiket yang terjual pada 13-16 September kali ini sudah mencapai 75 ribu tiket," ujar Eva dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (14/9/2025).

Baca Juga

Eva menyampaikan, sebanyak 19 dari 24 jadwal keberangkatan dari Stasiun Halim Perdanakusuma, yaitu pukul 06.40 WIB sampai 17.35 WIB, seluruhnya sudah habis terjual. Adapun untuk jadwal perjalanan lainnya pada Sabtu, okupansinya sudah di atas 85 persen.

Menurut Eva, KCIC tidak hanya fokus pada peningkatan jumlah penumpang, tetapi juga pada kemudahan akses menuju stasiun serta integrasi moda yang memadai. Konektivitas yang baik akan memungkinkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi dengan nyaman dan efisien.

Di Stasiun Halim Perdanakusuma, terdapat konektivitas dengan Jalan DI Panjaitan dan Exit KM 1+842 Tol Jakarta Cikampek. Tersedia pula layanan LRT Jabodebek, bus menuju Bandara Soekarno-Hatta, shuttle menuju Bandara Halim Perdanakusuma, bus Transjakarta, taksi, dan transportasi daring.

Sementara di Stasiun Padalarang, terdapat konektivitas dengan Jalan Stasiun dan Exit Padalarang Tim Tol Padaleunyi, kereta feeder menuju Stasiun Bandung, Commuter Line Bandung Raya, shuttle gratis menuju kwasan Kota Baru Parahyangan, Bus Trans Metro Pasundan, taksi, dan transportasi daring.

Di Stasiun Tegalluar Summarecon, terdapat konektivitas dengan Gedebage melalui Jembatan Cibiru Baru, bus menuju Alun-Alun Bandung, armada gratis menuju Summarecon Mall Bandung, taksi, dan transportasi online.

Eva menjelaskan, dengan ragam moda transportasi yang terintegrasi itu, KCIC berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman. "Pada momen libur panjang akhir pekan ini, KCIC terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat berada di dalam perjalanan maupun melalui berbagai fasilitas yang ada di stasiun termasuk integrasi antar moda yang tersedia," kata Eva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement