Sabtu 14 Sep 2024 19:28 WIB

Onana Tahan Penalti, MU Ungguli Southampton 2-0 pada Babak Pertama

MU mencetak dua gol setelah Onana menahan penalti Southampton.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Matthijs de Ligt dari Manchester United (tengah) merayakan gol ke gawang Southampton dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 14 September 2024.
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Matthijs de Ligt dari Manchester United (tengah) merayakan gol ke gawang Southampton dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 14 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) sementara unggul 2-0 atas Southampton pada babak pertama pekan keempat Liga Primer Inggris. Keunggulan dua gol MU ditandai oleh penampilan brilian Andre Onana yang mampu menahan penalti Southampton di Stadion St Mary's, Sabtu (14/9/2024).

Dua gol tim asuhan Erik Ten Hag ditorehkan oleh Mathijjs de Light pada menit ke-35 dan penyerang Marcus Rashford pada menit ke-41. Sebelum itu, Onana menahan penalti Cameron Archer pada menit ke-33.

Baca Juga

Tuan rumah Southampton tampil dominan pada awal permainan. Tyler Dibling melepaskan tendangan keras ke arah gawang tim tamu. Bola yang melengkung mengarah ke pojok gawang Setan Merah bisa ditepis oleh Onana pada menit kedelapan. 

Joshua Zirkzee dengan cepat mendapatkan bola di depan gawang dari operan Christian Eriksen pada menit ke-15. Namun, ia tidak dapat menuntaskannya dengan sempurna karena tendangannya lemah ke arah gawang dan dapat diblok dengan baik oleh penjaga gawang Southampton Aaron Ramsdale.

Kemampuan luar biasa dari Walker-Peters yang membuat de Ligt mati kutu di kotak penalti. Namun dari kotak penalti MU, ia tidak dapat menemukan rekan setimnya. Kemudian pada serangan balik, menit ke-20, Fernandes mendapat umpan terobosan dengan kaki kirinya dan melepaskan tembakan yang melebar dari sasaran.

Menit ke-30, Diogo Dalot melanggar Tyler Dibling di dalam kotak penalti MU. Wasit Stuart Attwell pun menunjuk titik putih. Archer yang dipercaya menjadi eksekutor, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan ke arah kanan masih diblok Onana. Bola rebound yang disundul Archer juga dengan mudah dikuasai Onana.

Menit ke-35 tendangan mendatar Zirkzee dari luar kotak penalti masih di tepis kiper Southampton, menghasilkan tendangan penjuru. Berawal dari tendangan penjuru inilah, Bruno Fernandes menerima bola di sisi kanan pertahanan the Saints.

Dia kemudian melepaskan umpan silang ke gawang Southampton. De Light menyambut dengan sempurna, melepaskan tandukan dengan mengarahkan bola lebih dulu ke rumput untuk membuat bola tak terjangkau Ramsdale. Efek pantulan juga membuat bola berputar melengkung ke dalam gawang Southampton.

Menit ke-41, Rashford membawa MU unggul 2-0. Tendangan mendatar yang melengkung dari luar kotak penalti, melewati sejumlah pemain untuk menuju ke pojok bawah gawang. Ramsdale yang sudah melompat ke kiri gagal menjangkaunya. Ini gol pertama Rashford di liga sejak bulan Maret.

Menit ke-44, the Saints hampir kebobolan dari situasi tendangan bebas. Dalam skema yang mirip dengan gol pertama, giliran Fernandes berada sendirian di dalam kotak penalti. Dia memberikan umpan kepada De Ligt yang kali digagalkan oleh penyelamatan gemilang dari Ramsdale yang cepat menutup ruang tembak bek timnas Belanda itu. Hingga babak pertama usai skor masih 2-0 untuk MU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement