Selasa 10 Sep 2024 14:45 WIB

Keluarga Eiffel Berkeras Tolak Logo Olimpiade Dipasang Permanen di Menara Eiffel

Pihak keluarga hanya mengizinkan cincin Olimpiade terpasang sampai akhir 2024.

Cincin Olimpiade terpasang di Menara Eiffel di Paris, Prancis, Rabu (24/7/2024). Kota Paris, Prancis bersiap menyambut ajang Olimpiade 2024. Lima cincin Olimpiade pun telah menghiasi Menara Eiffel.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Cincin Olimpiade terpasang di Menara Eiffel di Paris, Prancis, Rabu (24/7/2024). Kota Paris, Prancis bersiap menyambut ajang Olimpiade 2024. Lima cincin Olimpiade pun telah menghiasi Menara Eiffel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga perancang Menara Eiffel bersikeras menolak logo cincin Olimpiade tetap dipasang permanen di menara tersebut seperti yang direncanakan wali kota Paris.

Keluarga insinyur legendaris Gustave Eiffel mengatakan mereka "menentang perubahan apa pun yang berdampak negatif terhadap penghormatan terhadap karya" leluhur mereka. Pihak keluarga menambahkan telah berkonsultasi dengan pengacara tentang penolakan perubahan tersebut.

Baca Juga

Wali kota Paris Anne Hidalgo berencana untuk mempertahankan cincin warna-warni besar yang dipasang pada Dame de Fer untuk Olimpiade Paris setidaknya hingga 2028, saat Olimpiade berikutnya akan diadakan di Los Angeles.

Namun, keturunan Gustave Eiffel berpendapat simbol tersebut berwarna-warni, berukuran besar, ditempatkan di jalan utama menuju menara (dan) menciptakan ketidakseimbangan yang kuat dalam bentuk menara, yang "secara substansial mengubah bentuk monumen yang sangat murni".

"Mempertahankan cincin tersebut akan bertentangan dengan kenetralan dan makna yang diperoleh Menara Eiffel selama bertahun-tahun, yang telah menjadi simbol kota Paris dan bahkan seluruh Prancis di seluruh dunia," kata asosiasi keluarga Eiffel, AGDE, dikutip dari AFP, Selasa (10/9/2024).

Mereka menyarankan agar cincin tersebut tetap berada di tempatnya hanya sampai akhir tahun 2024, yang menandai berakhirnya tahun Olimpiade.

Menara Eiffel diselesaikan pada tahun 1889 untuk Pameran Universal Paris. Menara ini awalnya dimaksudkan untuk berdiri selama 20 tahun saja, tapi menjulang hingga sekarang. Menara Eiffel setinggi 330 meter tersebut dimiliki oleh kota Paris.

Menurut situs webnya, menara setinggi 330 meter tersebut adalah monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia, menarik sekitar tujuh juta orang setiap tahun. Sekitar tiga perempat jumlah tersebut berasal dari luar Prancis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement