Selasa 10 Sep 2024 09:14 WIB

Astronaut Starliner Terdampar di Luar Angkasa, Ini Cara Mereka Makan, Tidur & Pup

Mereka tinggal di ISS bersama tujuh astronaut dari misi lain.

Dalam foto yang disediakan oleh NASA ini, Boeing dan tim NASA bekerja di sekitar pesawat ruang angkasa Boeing Crew Flight Test Starliner milik NASA setelah mendarat tanpa awak, Jumat, 6 September 2024, di White Sands, New Mexico, setelah lepas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.
Foto: Nas via AP
Dalam foto yang disediakan oleh NASA ini, Boeing dan tim NASA bekerja di sekitar pesawat ruang angkasa Boeing Crew Flight Test Starliner milik NASA setelah mendarat tanpa awak, Jumat, 6 September 2024, di White Sands, New Mexico, setelah lepas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kisah Sunita 'Suni' Williams dan Barry 'Butch' Wilmore kerap terdengar seperti film fiksi ilmiah. Meski demikian, dua astronaut yang terbang bersama Starliner baru milik Boeing tersebut memang benar-benar terdampar di luar angkasa dan tidak akan kembali hingga Februari 2024. 

Seperti diketahui, pesawat ruang angkasa Starliner milik Boeing telah mendarat di Pelabuhan Antariksa White Sands, New Mexico, Amerika Serikat pada Sabtu (7/9/2024) pukul 04:01 GMT. Pesawat tersebut  mengakhiri misi uji coba selama tiga bulan setelah mengalami masalah teknis yang memaksa Starliner meninggalkan dua astronaut yang dibawanya.

Baca Juga

Williams dan Wilmore tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Juni lalu. Mereka menjadi kru pertama yang menguji Starliner baru Boeing, yang mengalami kebocoran helium dan kegagalan pendorong sebelum berlabuh. Insiden tersebut pun menimbulkan pertanyaan tentang seberapa amannya untuk penerbangan kembali, lapor Skynews.

Boeing bersikeras bahwa para astronot tidak terjebak. Mereka mengatakan tidak ada peningkatan risiko dalam membawa mereka kembali di Starliner, tetapi NASA telah memilih untuk membawa mereka kembali pada penerbangan SpaceX pada Februari 2025 sebagai gantinya. Dua astronaut itu seharusnya hanya berada di luar angkasa selama delapan hari, tetapi mereka sekarang telah berada di sana selama hampir tiga bulan.

Apakah mereka memiliki cukup persediaan untuk lima bulan lebih ke depan? Bagaimana mereka mengatasinya secara mental? Dan seperti apa sebenarnya kehidupan sehari-hari di ISS?

photo
NASA astronauts Butch Wilmore, left, and Suni Williams waves to photographers after leaving the operations and checkout building for a trip to launch pad at Space Launch Complex 41 Wednesday, June 5, 2024, in Cape Canaveral, Fla. The two astronauts are scheduled to liftoff later today on the Boeing Starliner capsule for a trip to the international space station. . (AP Photo/Chris OMeara) - (AP)

Ukuran dan fasilitas

ISS memiliki panjang 356 kaki (109 m) dari ujung ke ujung, kurang satu meter dari panjang lapangan sepak bola Amerika termasuk zona ujungnya. Menurut NASA, ISS  memiliki enam kamar tidur, dua kamar mandi, pusat kebugaran, dan jendela dengan pemandangan 360 derajat. Williams dan Wilmore tidak sendirian. Mereka berbagi fasilitas dengan tujuh astronaut lain dari misi lain. Empat di antaranya sesama warga Amerika dan tiga di antaranya warga Rusia.

Apakah ada cukup makanan, air, dan oksigen?

Ya, ada persediaan cadangan di sana untuk menjaga astronaut tetap bertahan dalam waktu yang lama. Stasiun luar angkasa memiliki sistem pembangkit oksigen sendiri. Sekitar 50% oksigen yang diembuskan berasal dari karbondioksida yang dipulihkan. ISS pun memiliki sistem daur ulang urin menjadi air minum, dan sebagian dari sistem itu juga menangkap uap air yang dilepaskan ke udara kabin dari napas dan keringat kru.

Persediaan makanan sedikit lebih mewah. Makanan dibuat di Laboratorium Sistem Makanan Luar Angkasa NASA di Houston, tempat para koki fokus membuat makanan yang menggugah selera sekaligus bergizi.

Sebagian besar makanan dikeringkan, artinya harus diisi dengan air sebelum dikonsumsi. Sementara sebagian lagi sudah jadi dan hanya perlu dipanaskan. Berbagai menu yang bisa mereka santap, seperti daging (daging sapi panggang adalah salah satu contoh makanan yang ditawarkan), telur, sayuran, roti, camilan gurih, dan makanan manis di dapur stasiun. Anggota kru juga diizinkan untuk meminta beberapa favorit pribadi mereka dari rak.

Dalam sebuah video di saluran YouTube NASA, Williams mengungkapkan menu favoritnya adalah selai Nutter Butter - dan memamerkan toples yang dikirim keluarganya untuknya.

Kapan persediaan terakhir dikirim? Wahana antariksa itu secara teratur menerima lebih banyak perbekalan dari bumi, dengan perbekalan terakhir tiba pada tanggal 6 Agustus.

Diluncurkan dengan roket dari Kazakhstan pada tanggal 30 Mei, perbekalan tersebut mencakup sekitar tiga ton makanan, bahan bakar, dan perbekalan lain untuk Williams, Wilmore, dan tujuh awak lainnya di dalamnya.

Para astronaut pada dasarnya dapat memesan apa yang ingin mereka bawa dengan wahana ini dengan berbicara kepada pengendali misi sebelum peluncuran. Itu adalah kabar baik bagi Wilmore dan Williams, yang terpaksa membuang koper pribadi mereka sebelum lepas landas pada bulan Juni untuk memberi ruang bagi perlengkapan tambahan, yang berarti mereka harus mengenakan pakaian cadangan yang sudah ada di ISS saat tiba.

Pakaian mereka sendiri akhirnya tiba dengan perbekalan tanggal 6 Agustus, dan lebih banyak perbekalan akan dikirim dalam beberapa bulan. Setelah kapal perbekalan dikosongkan di ISS, awak mengisinya dengan sampah mereka sebelum mengirimnya kembali ke bumi.

 

Menggunakan toilet tanpa gravitasi?.. Baca selanjutnya..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement