Selasa 10 Sep 2024 05:50 WIB

Preview Indonesia Vs Australia: Tetap Rendah Hati, tapi Wajib Percaya Diri Tinggi

Suporter timnas Indonesia harus memberikan dukungan terbaik untuk skuad Garuda.

Pesepak bola Timnas Indonesia mengikuti latihan resmi jelang pertandingan melawan Timnas Australia pada laga kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024). Timnas Indonesia akan melawan Australia pada Selasa (10/9) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
Foto:

Pada lima pertemuan terakhir kedua negara, Indonesia memiliki rekor yang cukup buruk ketika menghadapi Australia dengan tercatat menelan empat kekalahan dan hanya satu kali mendapat hasil imbang.

Terakhir kali Indonesia mengalahkan Australia terjadi pada laga Kualifikasi Piala Dunia 1982. Saat itu Garuda mampu menang dengan skor 1-0.

Secara keseluruhan, Indonesia sudah bertemu 19 kali dengan Australia. Dari pertemuan itu, skuad Garuda mampu menorehkan satu kemenangan dan menelan 15 kekalahan, sementara tiga pertandingan lainnya berakhir imbang.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan dirinya menyadari jika pertandingan kontra Australia tak akan berjalan mudah untuk anak-anak asuhnya. Meskipun begitu, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan jika Rafael Struick serta kolega sudah siap meladeni permainan the Socceroos

"Pertandingan besok memang tidak mudah bagi kami karena memang Australia di ranking ke-24 FIFA, sementara timnas Indonesia di peringkat 131. Jadi laga besok akan susah buat kami," ujar Shin.

"Akan tetapi pemain tidak akan pernah menyerah. Bagaimanapun caranya mereka akan menjadikan laga kandang sebagai pertandingan yang baik saat melawan Australia."

Dalam laga ini, Shin sudah bisa memainkan Justin Hubner. Alhasil, ada pemain yang menjadi starter pada laga kontra Arab Saudi yang mungkin akan merelakan tempatnya kepada Hubner untuk pertandingan ini. 

Sementara dari Australia, Graham tak bisa memainkan penyerang Kusini Yengi yang terkena kartu merah saat laga kontra Bahrain. Ada Mitch Duke atau Adam Taggart yang siap menggantikan.

Seluruh pemain kedua tim siap tempur. Kedua pelatih juga sudah meramu taktik yang dinilai terbaik untuk meredam lawannya. Tinggal suporter Indonesia menjalankan tugasnya, memberikan dukungan terbaik dari tribun.

Jangan pasang ekspektasi terlalu tinggi karena hasil tak diinginkan bisa saja didapatkan. Jangan hujat pemain andai melakukan kesalahan. Berikan sokongan maksimal, apa pun drama yang akan tersaji di rumput SUGBK.

Doa yang kita lantunkan pasti, bisa tersenyum dan bersuka cita setelah peluit tanda pertandingan usai berbunyi. Indonesia bisa mengalahkan Australia. Karena Kita Garuda!

Berikut lima pertemuan terakhir kedua negara:

(28/1/2024) Australia 4 - 0 Indonesia (Piala Asia 2023)

(3/3/2010) Australia 1 - 0 Indonesia (Kualifikasi Piala Asia 2011)

(28/1/2009) Indonesia 0 - 0 Australia (Kualifikasi Piala Asia 2011)

(29/5/2005) Australia 3 - 0 Indonesia (Pertandingan Persahabatan)

(14/8/1992) Indonesia 0 - 3 Australia (Piala Kemerdekaan)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement