Ahad 08 Sep 2024 15:50 WIB

Ben Gvir Diusir, Dilempari Pasir, Dipanggil Pembunuh

Menteri Keamanan Israel dituding biang kematian sandera di Gaza.

Menteri Keamanan ekstrem kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, dilaporkan kembali menyerbu kompleks masjid suci al-Aqsa di Yerusalem, Ahad (21/5/2023).
Foto: AP
Menteri Keamanan ekstrem kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, dilaporkan kembali menyerbu kompleks masjid suci al-Aqsa di Yerusalem, Ahad (21/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir diusir pada hari Jumat dari sebuah pantai di Tel Aviv oleh puluhan warga Israel. Menteri sayap kanan yang berulang kali mendorong pemusnahan Palestina itu dilempari pasir dan dipanggil “pembunuh”.

The Palestine Chronicle melansir, menteri tersebut rupanya baru saja tiba bersama anggota keluarganya ketika sekelompok pengunjung pantai mulai berteriak padanya untuk meninggalkan pantai.

Baca Juga

“Anda adalah seorang pembunuh, Anda adalah seorang teroris, dan karena Anda, para sandera sekarat di Gaza; beraninya kamu jalan-jalan di pantai?” seorang warga Israel terdengar memberi tahu Ben-Gvir dalam video yang beredar online. Menteri kemudian dikawal pergi oleh pasukan keamanan.

The Times of Israel melaporkan bahwa seorang wanita Israel ditangkap dan diinterogasi karena melemparkan segenggam pasir ke arah menteri sayap kanan tersebut.

Ini bukan insiden pertama di mana Ben-Gvir diserang oleh warga Israel yang memandangnya sebagai orang yang sangat menentang perjanjian gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran antara Israel dan gerakan perlawanan di Jalur Gaza.

Menteri sayap kanan pada tanggal 4 September mendesak diakhirinya keterlibatan Tel Aviv dalam negosiasi gencatan senjata dengan Perlawanan Palestina serta penghentian listrik dan bahan bakar ke Jalur Gaza. “Sedang bekerja untuk menghentikan negosiasi dengan Hamas,” Ben-Gvir mengatakan pada X

“Sebuah negara yang membunuh enam sandera dengan darah dingin tidak akan bernegosiasi dengan para pembunuhnya, namun menghentikan negosiasi, berhenti memasok bahan bakar dan listrik kepada mereka, dan menghancurkan mereka sampai mereka menyerah,” tambahnya mengacu pada enam sandera yang diduga ditemukan. oleh tentara pendudukan Israel di sebuah terowongan di Rafah, selatan Gaza.

Israel menuduh Gerakan Perlawanan Palestina, Hamas, atas pembunuhan mereka, sementara Hamas membenarkan dalam sebuah pernyataan bahwa para tahanan tersebut tewas dalam pemboman Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza. Hamas sebelumnya menyatakan bahwa puluhan tahanan tewas akibat pemboman Israel di Jalur Gaza selama perang genosida yang berlangsung selama 11 bulan.

Israel memperkirakan lebih dari 100 tawanan masih ditahan oleh Hamas di Gaza, beberapa di antaranya diyakini telah terbunuh. Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah berusaha mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan dan gencatan senjata serta mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza. 

Namun upaya mediasi terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas untuk menghentikan perang. Penemuan enam jenazah tersebut telah menyebabkan peningkatan protes di Israel, dengan meningkatnya tuduhan terhadap Netanyahu karena menghalangi pertukaran tahanan dan negosiasi gencatan senjata.

Unjuk rasa goncang Israel... baca halaman selanjutnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement