Rabu 04 Sep 2024 07:42 WIB

Ini Mengapa Adik Raffi Ahmad Bisa Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar, Meski Kalah di Pileg

Nisya Ahmad meraih urutan kedua di Dapil Jabar II, kalah dengan Thoriqoh.

Adik pertama Raffi Ahmad, Nisya Ahmad, mencalonkan diri menjadi DPRD Jawa Barat melalui Partai Amanat Nasional (PAN).
Foto: Dok Instagram/@amanatnasional
Adik pertama Raffi Ahmad, Nisya Ahmad, mencalonkan diri menjadi DPRD Jawa Barat melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Adik dari selebritas Raffi Ahmad, Nisya Ahmad akhirnya dilantik menjadi anggota DPRD Jabar 2024-2029. Padahal Nisya bukan peraih suara terbanyak di daerah pemilihan. 

Lantas bagaimana Nisya bisa maju dan dilantik? 

Baca Juga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengungkapkan bahwa Nisya Ahmad menjadi anggota DPRD Jabar 2024-2029 dan dilantik di Gedung Merdeka Bandung pada Senin (2/9) karena Thoriqoh Nashrullah Fitriyah yang seharusnya berada di kursi legislatif Jabar, memutuskan mengundurkan diri.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar, Adi Saputro menyatakan bahwa Thoriqoh telah mengajukan pengunduran diri sebelum pelantikan. Namun dia mengaku tak tahu lebih rinci alasan pengunduran diri tersebut.

"Jadi bu Thoriq ini mengundurkan diri, kalau mundur itu kan harus menyerahkan surat dulu ke Parpolnya, lalu baru Parpol ajukan ke KPU. Saat tahu ada calon anggota terpilih yang mundur, ya kita undang Parpol dan yang bersangkutan. Baru dibuatkan berita acara dan revisi penetapan calon terpilih, jadi yang terpilih bu Nisya," ucap Adi di Bandung, Selasa.

Ia juga mengatakan tidak ada pelanggaran dalam pelantikan Nisya Ahmad yang menggantikan Thoriqoh. Dalam pertemuan antara KPU, Parpol terkait dalam hal ini PAN, dan Thoriqoh, hanya bersifat memverifikasi apakah betul yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri.

"Nggak ada (pelanggaran). Kan kalau ada pengunduran diri kita panggil, baik parpolnya atau caleg terpilihnya. Caleg terpilih harus ke Parpol dulu, baru ke KPU, lalu akan kita klarifikasi betul atau nggak. Jangan sampai yang bersangkutan sudah mundur tapi nggak merasa mengundurkan diri. Dalam klarifikasi disampaikan kalau betul mundur," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement