Selasa 03 Sep 2024 11:00 WIB

Fakta Menarik Seputar Paus Fransiskus

Pemimpin Gereja Katolik Dunia ini bernafas dengan satu paru-paru.

Paus Fransiskus
Foto: AP/Andrew Medichini
Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menyambut kedatangan Paus Fransiskus pada hari ini, Selasa (3/9/2024). Tokoh dari Vatikan ini adalah paus ketiga yang mengunjungi Tanah Air. Sebelumnya, ada Paus Yohanes Paulus II dan Paus Paulus VI yang melawat Indonesia masing-masing pada tahun 1989 dan 1970.

Bukan hanya pemerintah RI dan tentunya umat Katolik, organisasi-organisasi Islam pun turut mengapresiasi lawatan Paus Fransiskus. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, misalnya, menyatakan kunjungan nan bersejarah ini dapat meneguhkan dialog antarumat beragama serta persaudaraan sesama manusia.

Baca Juga

BACA JUGA: Rahasia Ayat Terakhir al-Fatihah yang Luar Biasa

Paus Fransiskus lahir di Buenos Aires, Argentina, pada 17 Desember 1936 dengan nama Jorge Mario Bergoglio. Tokoh yang kini berusia 87 tahun itu menempuh pendidikan di Kolese Maksimum San Jose, Fakultas Filsafat dan Teologi San Miguel, serta Institut Teologi dan Filsafat Milltown. Ia juga menimba ilmu di Sekolah Pascasarjana Filsafat dan Teologi Sankt Georgen, Jerman.

Sejak 2013, Jorge Mario Bergoglio menjadi pemimpin Gereja Katolik Dunia. Ia merupakan paus ke-266 usai menggantikan Paus Benediktus XVI yang mundur sebulan sebelumnya.

Naiknya Bergoglio menjadi kabar gembira bagi 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia. Sebab, beberapa waktu sesudah pengunduran diri Paus Benediktus XVI, karena faktor usia dan kesehatan, mereka menanti siapa penerus kepemimpinan.

Sebanyak 115 kardinal dari 48 negara perwakilan dunia setuju menyerahkan mahkota Vatikan kepada kardinal asal Argentina, Bergoglio. Sebagai seorang uskup agung, ia yang saat itu berusia 76 tahun terpilih saat etape kedua sidang pemungutan suaran tertutup atau konklaf, pada 14 Maret 2023 malam waktu Roma, Italia.

Setelah terpilih, Bergoglio langsung memperkenalkan dirinya di depan ribuan orang yang memadati Lapangan Santo Petrus. Ia memilih nama Fransiskus sejak mengemban tugas sebagai paus.

Empati pada rakyat miskin

Bergoglio memilih gelar Fransiskus (Francis) dalam kepemimpinannya di Vatikan. Tidak ada angka Romawi setelahnya, seperti misal sang pendahulu--Paus Benediktus XVI.

Sebab, Fransiskus adalah gelar baru dalam sejarah Vatikan. Tidak dijelaskan apakah Bergoglio memilih julukan itu sesuai nama Fransiskus Assisi (wafat 1226), seorang santo yang mengabdikan diri untuk kemiskinan dan kesederhanaan.

Untuk diketahui, ada sosok santo lainnya yang juga menggunakan nama Fransiskus. Misalnya, Santo Fransiskus Xaverius (wafat 1552). Tokoh kelahiran Spanyol ini yang merupakan misionaris Ordo Yesuit pada abad ke-16. Bergoglio sendiri berasal dari Ordo Yesuit.

Walau tak pernah diucapkan langsung oleh yang bersangkutan, Wakil Juru Bicara Vatikan Pastor Thomas Rosica mengatakan, pemilihan nama itu lantaran Bergoglio berempati besar pada kaum papa. Menurut dia, Paus Fransiskus mempunyai tempat spesial di hati untuk melayani orang-orang miskin serta mereka yang hidup di pinggiran dan dalam ketidakadilan.

Ini juga sesuai dengan gaya hidup Bergoglio ketika menjabat sebagai uskup agung Buenos Aires. Ia meninggalkan segala kemewahan. Tidak memiliki sopir pribadi, dirinya lebih suka menggunakan bus. Suka memasak sendiri serta memilih untuk tinggal di apartemen sederhana, alih-alih rumah mewah.

Perilakunya yang sederhana pun tetap diamalkan hingga kini sebagai paus. Dalam lawatan ke Indonesia saat ini, misalnya, Paus Fransiskus memilih untuk menggunakan pesawat komersial, bukan sebuah jet pribadi. Ia pun tak menginap di hotel berbintang.

Memiliki satu paru-paru ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement