Ahad 25 Aug 2024 21:50 WIB

Ini Alasan Kenapa Pusat Karier Sangat Penting di Sebuah Kampus

Pusat karier memainkan peran kunci dalam membimbing mahasiswa.

Pusat karier di sebuah kampus memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mahasiswanya mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.
Foto: Universitas BSI
Pusat karier di sebuah kampus memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mahasiswanya mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pusat karier di sebuah kampus memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mahasiswanya mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Melalui layanan dan sumber daya yang disediakan, pusat karier memainkan peran kunci dalam membimbing mahasiswa meraih kesuksesan dalam karier mereka setelah lulus.

Erika, selaku Koordinator BSI Career Center (BCC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kamus Sukabumi mengatakan, BCC menjadi pusat karier bagi mahasiswa di Universitas BSI. Ia menekankan bahwa kehadiran BCC menjadi platform yang bisa mewujudkan karier gemilang mahasiswa.

Baca Juga

"Pusat karier di kampus sangat penting kehadirannya. Tentunya akan sangat membantu mahasiswa dalam menyiapkan semuanya sebelum masuk dunia kerja. Mulai dari pelatihan, pembuatan CV sampai penyaluran kerja ke perusahaan," kata Erika Mutiara dalam keterangan tertulis, Ahad (25/8/2024).

Ia juga menekankan ada beberapa alasan mengapa pusat karier sangat diperlukan di perguruan tinggi.

Berikut 6 alasan pusat karier sangat diperlukan di perguruan tinggi:

1. Panduan dan Konseling Karier

Pusat karier menyediakan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa untuk membantu mereka mengenali minat, bakat, dan tujuan karier mereka. Ini membantu mahasiswa memilih jalur karier yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka.

2. Pelatihan Keterampilan

Pusat karier sering kali menawarkan pelatihan keterampilan yang dibutuhkan di pasar kerja, seperti keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu. Ini membantu mahasiswa meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

3. Penyediaan Informasi Lowongan Kerja

Melalui pusat karier, mahasiswa dapat memperoleh akses ke informasi tentang lowongan kerja, magang, dan kesempatan kerja lainnya baik di dalam maupun di luar kampus. Hal ini memudahkan mereka dalam mencari peluang untuk memulai karier profesional mereka.

4. Pengembangan Portofolio dan Resume

Pusat karir membantu mahasiswa dalam membangun portofolio dan menyusun resume yang efektif. Ini penting untuk menarik perhatian perekrut dan memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan dan prestasi mahasiswa.

5. Jaringan Profesional

Melalui acara networking dan kolaborasi dengan alumni serta mitra industri, pusat karier membantu mahasiswa membangun jaringan profesional yang kuat. Ini dapat membuka pintu bagi kesempatan kerja dan kolaborasi di masa depan.

6. Menyediakan Layanan Alumni

Pusat karier tidak hanya membantu mahasiswa saat ini, tetapi juga menyediakan dukungan karier bagi para alumni. Ini menciptakan hubungan yang berkelanjutan antara perguruan tinggi dan para lulusannya.

Dengan peran yang penting ini, pusat karier di perguruan tinggi menjadi ujung tombak dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang dinamis dan global.

"BSI Career Center Universitas BSI kampus Sukabumi, sebagai contoh, terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik guna mendukung kesuksesan karier para mahasiswa dan alumni,” tandas Erika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement