Sabtu 24 Aug 2024 08:44 WIB

Penikaman Terjadi di Festival di Jerman Barat, 3 Orang Meninggal Dunia

Serangan terjadi di Solingen saat perayaan ulang tahun ke-650 berdirinya kota itu.

Seorang pria bersenjata pisau menikam hingga meninggal, sedikitnya tiga orang di sebuah pekan raya kota di kota Solingen, Jerman Barat, pada Jumat (23/8/2024), (ilustrasi)
Seorang pria bersenjata pisau menikam hingga meninggal, sedikitnya tiga orang di sebuah pekan raya kota di kota Solingen, Jerman Barat, pada Jumat (23/8/2024), (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLINGEN -- Seorang pria bersenjata pisau menikam hingga meninggal, sedikitnya tiga orang di sebuah pekan raya kota di kota Solingen, Jerman Barat, pada Jumat (23/8/2024) malam, menurut keterangan polisi. Penyerang yang berhasil melarikan diri itu juga melukai lima orang lainnya dengan kondisi luka parah. Hingga saat ini petugas masih mencari tersangka.

Media berita lokal melaporkan seorang penyerang menyerang kerumunan orang, selama pekan raya yang merayakan ulang tahun ke-650 berdirinya kota itu. “Malam ini, kita semua di Solingen dalam keadaan kaget, ngeri, dan sangat sedih,” kata Wali Kota Solingen, Tim Kurzbach, dalam sebuah unggahan di Facebook. “Kita semua ingin merayakan ulang tahun kota kita bersama-sama dan sekarang kita harus berduka atas kematian dan luka-luka yang dialami korban.”

Dilansir laman The New York Times, sejauh ini, motif serangan itu belum jelas. Juru bicara polisi Düsseldorf pada Sabtu (24/8/2024) pagi, mengatakan saat ini pihaknya sedang mewawancarai para saksi dan korban. Polisi berupaya mengumpulkan bukti dan keterangan guna menangkap pelaku penyerangan.

Serangan itu terjadi di alun-alun pusat di Solingen, yang berjarak sekitar 14 mil di sebelah timur Düsseldorf, tempat pekan raya kota, yang menarik ribuan orang, sedang berlangsung.

Area itu dengan cepat kosong dari pengunjung, karena polisi mencoba menangkap penyerang dan memasang penghalang, lapor media berita. Video dari tempat kejadian menunjukkan kehadiran polisi. Dan beberapa pejabat setempat mengunjungi lokasi tersebut pada Sabtu pagi.

The Associated Press melaporkan bahwa kota itu membatalkan festival lanjutan setelah serangan itu.

Serangan terjadi hampir tiga bulan setelah seorang petugas polisi tewas dalam serangan pisau di Mannheim 130 mil selatan. Dalam serangan itu, enam orang termasuk petugas, ditikam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement