Ahad 18 Aug 2024 16:00 WIB

Membedah Penyakit Jantung Koroner Hingga Pembuluh Darah Tepi

Penyakit jantung anak juga ikut menjadi fokus penanganan tim BraveHeart.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Prof Dr dr Amiliana Mardiani Soesanto berbagi pengalaman tentang penanganan penyakit di bidang kardiologi.
Foto: Republika.co.id
Prof Dr dr Amiliana Mardiani Soesanto berbagi pengalaman tentang penanganan penyakit di bidang kardiologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia kesehatan mengalami distrupsi yang cukup besar dalam satu dekade terakhir. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan mengarah untuk mempermudah pasien dalam mendapatkan layanan terbaik, tidak terkecuali masalah jantung.

Seiring berkembangnya teknologi dan inovasi dalam penanganan penyakit jantung, ketua tim dokter BraveHeart Dr dr M Yamin berinisiasi mengadakan diskusi ilmiah tentang 'Structural Cardiac Intervantion Update' di Jakarta, beberapa waktu lalu. Menurut Yamin, tindakan yang dilakukan untuk pelanggan BraveHeart adalah komitmen memberikan layanan terbaik dalam tata laksana penyakit jantung.

Baik itu jantung koroner, gangguan irama, gangguan struktur katub, sekat jantung, penyakit jantung bawaan, dan penyakit pembuluh darah tepi. "Menariknya penangananya kelainan tersebut dapat dilakukan secara invasif nonbedah atau dengan tindakan bedah tergantung kasus per kasus," ucap Yamin dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Menurut Yamin, penyakit jantung anak juga ikut menjadi fokus penanganan tim BraveHeart. Pengelolaan pasien rawat jantung intensif, sambung dia, juga menjadi bagian kompetensi tim BraveHeart. Selain pengobatan, kata Yamin, tim BraveHeart juga aktif dalam proses pencegahan penyakit, misalnya penyakit jantung koroner dan ancaman kematian jantung mendadak.

Untuk mewujudkan semua itu, Yamin menjelaskan, tim BraveHeart didukung oleh sejumlah pakar yang mumpuni dan berpengalaman di bidangnya. Adapun yang menjadi prioritas utama, kata dia, BraveHeart Center didukung oleh tim medis yang profesional, kompeten, dan berpengalaman lebih dari 40 tahun di bidangnya.

Pada kesempatan tersebut, narasumber dan ahli yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di bidang kardiologi turut diundang. Di antaranya, Prof Dr dr Amiliana Mardiani Soesanto, Sp.JP (K) yang mengangkat tema 'Role of Interventional Imaging in SCI' dan Prof Dr dr Teguh Santoso yang berbagi pengalaman dengan pengetahuan mendalam dan keterampilan klinis yang tinggi terhadap tindakan kasus jantung yang kompleks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement