Sabtu 17 Aug 2024 19:33 WIB

Sang Juru Potret pada Momen Proklamasi RI

Tiga foto hasil jepretan Frans S Mendur abadikan momen Proklamasi RI 17 Agustus 1945.

Frans Soemarto Mendur. Bersama kakaknya, ia adalah fotografer yang hadir meliput pembacaan Proklamasi RI 17 Agustus 1945.
Foto: dok Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Frans Soemarto Mendur. Bersama kakaknya, ia adalah fotografer yang hadir meliput pembacaan Proklamasi RI 17 Agustus 1945.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konon, sebuah foto bernilai ribuan kata. Dengan mengamati gambar, kita dapat turut merasakan atmosfer suatu peristiwa, yang telah lewat.

Dalam hal Proklamasi Republik Indonesia, kita patut bersyukur bahwa momen yang sangat penting itu telah diabadikan dalam beberapa foto. Potret itu adalah hasil jepretan Frans Soemarto Mendur, seorang fotografer kelahiran Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Baca Juga

Dilansir dari laman Kemendikbudristek RI, Frans S Mendur adalah saudara kandung Alexius “Impurung” Mendur. Kakak beradik ini menekuni dunia fotografi.

Seperti abangnya, Frans S Mendur sejak remaja sudah merantau ke luar kampung halaman. Sempat bertempat di Surabaya (Jawa Timur), ia lalu hijrah ke Batavia (Jakarta). Di sanalah dirinya menemui sang kakak, guna mendalami kiat-kiat fotografi.

Anak pasangan Agustus Mendur dan Ariantje Mononimbar ini lalu bekerja sebagai wartawan di Java Bode, sebuah surat kabar yang terbit di Batavia. Tak lama di sana, dirinya berpindah ke koran Asia Raya.

Sebagai jurnalis-foto Asia Raya, Frans Mendur mendapat informasi penting dari kakaknya: Ir Sukarno bersama dengan Mohammad Hatta akan membacakan teks Proklamasi RI di kediaman Bung Karno, Jalan Pengangsaan Timur Nomor 56, Jakarta.

Tanpa banyak pikir, Mendur bersaudara langsung pergi ke sana.

Kakak beradik ini menempuh jalan yang berbeda. Mula-mula, Frans mampir ke kantor Djawa Shinbun Kai--lembaga bentukan pemerintah pendudukan Jepang yang bertugas terbitkan surat kabar. Tujuannya, "meminjam" sebuah kamera Leica dan satu rol film. Itulah senjata yang akan dipakainya guna memotret momen Proklamasi RI.

Di lokasi, tepat pada waktunya, Frans menyaksikan dan mengabadikan peristiwa historis tersebut. Ada tiga kali ia memotret. Ketiga hasilnya adalah foto-foto ketika Bung Karno membacakan teks proklamasi dengan didampingi Bung Hatta.

Kedua, ketika Latief Hendraningrat, Suhud Sastro Kusumo, dan Surastri Karma (SK) Trimurti mengibarkan Bendera Pusaka, Sang Saka Merah Putih.

Ketiga, foto yang memperlihatkan suasana pengibaran sang saka bendera RI tersebut dengan latar belakang kumpulan manusia yang berkumpul menyaksikan Proklamasi di kediaman Bung Karno.

Mendur bersaudara menjadi fotografer yang hadir meliput pembacaan teks Proklamasi RI 17 Agustus 1945. Bukan bahwa tidak ada juru foto selain mereka di Jakarta.

photo
 

Jadi sasaran interogasi tentara Jepang ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement