Jumat 16 Aug 2024 18:43 WIB

Puan Maharani Pastikan Megawati tak Ikut Rayakan HUT RI di IKN

Megawati merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia bersama-sama para kader di Jakarta.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Momen keakraban Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rakernas III PDIP yang diunggah Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
Foto: Dok Republika
Momen keakraban Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rakernas III PDIP yang diunggah Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri dipastikan tak hadir dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu (17/8/2024). Ketua umum PDIP itu dikatakan ada acara internal partai yang tak memungkinkannya untuk turut hadir dalam gelaran perdana kenegeraan di ibu kota ‘bikinan’ Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, yang merupakan putri dari Megawati, mengaku akan menjadi perwakilan ibunya dalam acara kenegaraan tersebut. “(Megawati) ada acara di Lenteng Agung dengan struktur partai, dan acaranya di IKN insya Allah saya yang akan ke IKN,” begitu kata Puan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, pada Jumat (16/8/2024).

Baca Juga

Puan mengatakan, dirinya akan berangkat ke IKN pada malam ini, Jumat (16/8/2024). Megawati juga diketahui tak hadir dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi di MPR/DPR pada Jumat (16/8/2024). Selama ini, Megawati, dalam rezim pemerintahan Jokowi, tak pernah absen dalam pidato kenegaraan presiden menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia di Gedung MPR/DPR.

Padahal, pidato kenegaraan Presiden Jokowi tahun ini merupakan yang terakhir sebelum dia lengser pada Oktober 2024 nanti. Dan Presiden Jokowi pun akan menggelar upacara kemerdekaan Indonesia ke-79, pertama kali di IKN, yang menjadi ibu kota baru bagi Indonesia.

Akan tetapi, Megawati dipastikan absen dalam perayaan upacara kenegaraan di IKN tersebut. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kemarin, kepada wartawan juga menyampaikan Megawati tak hadir dalam perayaan upacara HUT RI ke-79 di IKN, karena lebih memilih untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia bersama-sama para kader PDI Perjuangan di Kantor Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Jaksel).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement