Jumat 16 Aug 2024 09:00 WIB
NIKMAT MERDEKA

RI Kebut Digitalisasi

Infrastruktur telekomunikasi menjadi fondasi transformasi digital.

Rep: Muhammad Nursyamsi, Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Sebanyak 4.995 BTS sudah on-air. (ilustrasi)
Foto:

 

Layanan publik digital

Selain penggunaan teknologi informasi dalam perwujudan pemerintahan yang baik, hukum, dan anti-korupsi, ucap Nezar, pemerintah juga aktif dalam pengembangan layanan publik digital. Banyak aplikasi e-government, dan berbagai pelayanan kesehatan dan pendidikan dari pemerintah diluncurkan.

"Pelayanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas layanan yang disediakan pemerintah sekaligus efisiensi administrasi dari berbagai level pemerintahan," sambung dia. 

Nezar menyampaikan pelayanan publik yang dibagikan daring ini memungkinkan masyarakat menikmati kemudahan untuk mengakses tanpa harus mendatangi kantor-kantor pemerintah. Nezar meyakini sektor digital dapat membantu dalam pemerataan pelayanan dan akses. 

photo
Petugas Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melayani warga di Mal Layanan Publik (MPP), Kota Jayapura, Papua. - (ANTARA FOTO/Sakti Karuru)

Namun, di balik banyak keuntungan tersebut, Kominfo mengetahui banyak tantangan yang juga hadir di era digital ini. Keamanan digital menyangkut sejumlah hal, mulai dari perlindungan data pribadi, penanggulangan kejahatan siber, hingga bagaimana mengatur dan merespons informasi secara bertanggung jawab. 

"Oleh karena itu, Kominfo terus bekerja dan mengembangkan aturan yang seimbang antara dukungan guna menggunakan teknologi dan perlindungan kepentingan pengguna," kata Nezar. 

Kominfo, lanjut Nezar, melihat digitalisasi merupakan pendorong utama dalam peningkatan daya saing ekonomi negara dan upaya untuk menaikan kualitas hidup masyarakat dengan memberikan akses yang berkelanjutan pada teknologi dan informasi. Kominfo menjanjikan pembangunan infrastruktur digital berkelanjutan yang diiringi peningkatan literasi digital dan keamanan siber.

Pemerataan jaringan telekomunikasi... (baca di halaman selanjutnya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement