Jumat 16 Aug 2024 09:00 WIB
NIKMAT MERDEKA

RI Kebut Digitalisasi

Infrastruktur telekomunikasi menjadi fondasi transformasi digital.

Rep: Muhammad Nursyamsi, Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Sebanyak 4.995 BTS sudah on-air. (ilustrasi)
Foto:

 

Digitalisasi tingkatkan taraf hidup

Digitalisasi dapat membawa perubahan signifikan dalam taraf hidup masyarakat Indonesia. Teknologi digital bukan hanya sekadar alat modernisasi, tetapi juga merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas hidup melalui akses yang lebih baik ke layanan, informasi, dan peluang ekonomi.  

Lebih dari itu, digitalisasi berperan penting dalam mendukung keberlanjutan atau sustainability, karena memungkinkan pengelolaan sumber daya yang lebih efisien dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi digital secara optimal, Indonesia bisa mempercepat transformasi menuju masyarakat yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

"Keberlanjutan adalah satu target yang menjadi harapan masyarakat dunia di masa depan, harus ada cara mencapai target tersebut salah satu cara dengan digitalisasi," ujar mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Bambang Brodjonegoro, saat berbicara di acara The 15 International Conference on Sustainable Collaboration in Business, Technology, Information and Innovation yang digelar Telkom University beberapa waktu lalu.

photo
Pelaku UMKM melakukan transaksi digital. - (Republika/Thoudy Badai)

Bambang menyebut digitalisasi sudah banyak dipraktikkan di banyak negara termasuk di Indonesia dalam upaya keberlanjutan. "Misal Indonesia di sektor pertanian besar dan juga kelompok miskin ada petani dan nelayan bagaimana caranya universitas melakukan research and development pengembangan digital yang bisa menolong hidup dari petani atau nelayan," kata dia.

Dengan bantuan teknologi digital dan adaptasi, Bambang mengatakan para nelayan dapat memperbaiki pendapatan. Selain startup yang bergerak di jasa delivery, Bambang melihat banyak startup yang membantu petani, nelayan hingga pedagang kecil.

Hal senada disampaikan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nezar Patria. Nezar menyampaikan Digitalisasi telah mendekatkan banyak kemudahan ke perekonomian dan aktivitas warga di Indonesia.

Secara khusus, digitalisasi telah diakui sebagai penggerak utama di balik pertumbuhan ekonomi negara, membuka jalan bagi pertumbuhan di berbagai sektor, termasuk e-commerce, fintech, dan startup teknologi. Menurut Nezar, semakin terjangkaunya kecerdasan buatan atau AI, Internet of Things atau IoT, dan big data teknologi telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas di beberapa sektor ekonomi.  

Tidak hanya aspek ekonomi, tetapi digitalisasi juga mempercepat aktivitas sebagian besar warga. Nezar mengatakan semakin banyak orang yang cenderung menggunakan platform media sosial, aplikasi obrolan, dan berbagai situs web untuk menemukan dan menyebarkan informasi serta memperluas wawasan.

Layanan publik digital... (baca di halaman selanjutnya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement