Selasa 13 Aug 2024 05:35 WIB

Suara Dukungan untuk Bahlil Mulai Nyaring, Airlangga Sebut 'Kursi Pak Kapolri Aja Diambil'

Nama Bahlil disebut-sebut menjadi tokoh paling atas dalam bursa ketua umum Golkar.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia digadang-gadang menjadi kandidat kuat menggantikan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia digadang-gadang menjadi kandidat kuat menggantikan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nama Bahlil Lahadalia disebut-sebut menjadi tokoh paling atas dalam bursa ketua umum Partai Golkar. Mantan sekjen Golkar, Idrus Marham mengatakan, Bahlil adalah kader internal partai Pohon Beringin yang mumpuni menggantikan peran Airlangga Hartarto. Kata Idrus, Bahlil memiliki basis kepercayaan kader akar rumput yang kuat.

“Bahlil itu adalah kader Partai Golkar yang beraangkat sebagai kader sepatu miring,” begitu kata Idrus saat dihubungi wartawan dari Jakarta, Senin (12/8/2024).

Baca Juga

“Sepatu miring itu, artinya, dia (menjadi kader) dari jalan kaki, pakai sepatu dari Papua sana, sampai miring kakinya. Ya artinya, dia (menjadi kader) melalui proses yang panjang tidak kucuk-kucuk seperti kader yang sekarang-sekarang ini,” begitu sambung Idrus.

Idrus memang mengakui ada kader-kader lainnya seperti nama Agus Gumiwang Kartasasmita, pun juga Bambang Soesatyo yang juga muncul dalam bursa ketua umum Partai Golkar. Akan tetapi, kata Idrus, Bahlil lebih dapat diterima oleh kader-kader di daerah.

“Semua mendukung Bahlil, seluruh DPD (Dewan Pimpinan Daerah) di Indonesia, mendukung Bahlil,” ujar Idrus.

Dan terkait dengan Agus Gumiwang, serta Bambang Soesatyo, menurut Idrus, cuma kader-kader figuran. “Ya itu, kan biasa saja. Nanti ujung-ujungnya ke Bahlil semua,” kata Idrus.

Sejumlah elite Partai Golkar bermunculan untuk mengisi posisi ketua umum. Situasi tersebut menyusul pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai ketua umum, pada Ahad (11/8/2024). Pengunduran diri tersebut akan diketok palu melalui rapat pleno dengan penunjukan pelaksana tugas (Plt) ketua umum pada hari ini, Selasa (13/8/2024).

Dari penunjukan Plt ketua umum tersebut, selanjutnya akan digelar musyarawah nasional (munas) yang akan memilih ketua umum defenitif. Beberapa nama yang disorongkan untuk menjadi ketua umum, di antaranya Bahlil Lahadalia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Bambang Soesatyo.

Seloroh Airlangga kepada Bahlil di hadapan para menteri di IKN.. baca di halaman selanjutnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement