Rabu 07 Aug 2024 11:43 WIB

Terkait Program Cetak Sawah 1 Juta Hektare, Jhonlin Group Kunjungi Freeport

Haji Isam ingin memanfaatkan tailing untuk bahan dasar jalan sawah di Merauke.

Perusahaan Jhonlin Group milik Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam melakukan kunjungan kerja ke PT Freeport Indonesia (FI) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (7/8/2024).
Foto: Republika.co.id
Perusahaan Jhonlin Group milik Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam melakukan kunjungan kerja ke PT Freeport Indonesia (FI) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (7/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Perusahaan Jhonlin Group milik Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam melakukan kunjungan kerja ke PT Freeport Indonesia (FI) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (7/8/2024). Kunjungan itu dilakukan langsung pemilik Jhonlin Group, Haji Isam untuk memanfaatkan tailing demi membangun proyek mencetak sawah di Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Haji Isam melakukan kunjungan bersama Pangkogabwilhan III yang akan menjabat Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Richard Taruli Horja Tampubolon dan Asops Kaskogabwilhan III Brigjen Aulia Dwi Nasrullah. Mereka disambut petinggi PT FI, yaitu Director EVP Sustainable Development Claus Wamafma dan EVP External Affairs Agung Laksamana.

Baca Juga

"Kunjungan kerja dalam rangka kerja pemanfaatan tailing untuk bahan dasar pembuatan jalan poros proyek cetak sawah satu juta hektare di Merauke bersama direktur BBA," kata Haji Isam didampingi VP Environment Gesang Setiayadi, VP Government Relations Lenny Josephine, dan Manager Tailings Utilization Harry Johansyah.

Bagi Haji Isam, keberhasilan program cetak sawah adalah tanggung jawab besar dari negara. Oleh karena itu, ia memantau langsung, proses bongkar alat berat yang menjadi sarana pendukung utama untuk program cetak sawah tersebut di dermaga Merauke.

"Dalam benak saya, bagaimana gagasan cetak sawah satu juta hektare ini bisa terealisasi dan berhasil dalam tiga tahun tanpa berpikir untung rugi. Selain itu, saya berharap gagasan Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto ini juga bisa menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Papua," ucap Haji Isam.

Secara bertahap, pesanan 2.000 ekskavator oleh Jhonlin Group dari perusahaan China, Sany Group tiba di Distrik Ilwayab Wanam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Senin (29/7/2024). Dengan menggunakan tongkang Liana LXXIX, puluhan alat berat tersebut bersandar di Dermaga PT Dwi Karya, Wanam.

Puluhan alat berat itu akan digunakan untuk mendukung progam pemerintah terkait Ketahanan Pangan Nasional, yaitu mencetak sawah satu juta hektare di Merauke. Didampingi Wakil Menteri Pertahanan, Letjen (Purn) Muhammad Herindra, bersama pejabat utama TNI-Polri di Merauke, Haji Isam memantau langsung proses bongkar puluhan alat berat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement