Rabu 07 Aug 2024 09:36 WIB

Kali Kedua Disalurkan, Beasiswa Akad Group Sasar 15 Siswa-Siswi SMK Putra Bangsa

Penyaluran ini bekerjasama dengan Baitulmaal Muamalat.

CEO Akad Group, Andri Agus Fabianto.
Foto: Dok. Web
CEO Akad Group, Andri Agus Fabianto.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Pemberdayaan Sumber Daya Manusia merupakan bagian integral yang menentukan kemajuan setiap negara. Namun sayangnya, angka siswa dan siswi putus sekolah di Indonesia mencapai 45.047 orang hingga akhir November 2023 (sumber : Kemendikbud Ristek.go.id). Jumlah ini akan terus bertambah apabila tidak banyak pihak yang berperan aktif mengentaskan masalah tersebut.

Sebagai bagian dari pemangku kepentingan di industri penerbitan yang terkait erat dengan dunia pendidikan, Penerbit Akad Media Cakrawala (Akad Group) menyalurkan beasiswa kepada 15 siswa/i berprestasi SMK Putra Bangsa, Depok-Jawa Barat melalui program “Beasiswa Cikal Inspirasi (BCI) Akad Foundation” bekerjasama dengan Baitulmaal Muamalat (bmm) hari ini, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga

Program BCI Akad Foundation merupakan bentuk pemberdayaan dana zakat di bidang Pendidikan yang membantu para siswa/I pelajar dhuafa untuk meringankan SPP atau kebutuhan pembiayaan sekolah. Para siswa/i akan diberikan pembiayaan Pendidikan selama 5 bulan dan dibekali dengan pembinaan yang dapat menjaga semangat belajar mereka menjadi siswa/I yang berprestasi dan berakhlakul kharimah.

CEO Akad Group, Andri Agus Fabianto mengatakan bahwa program beasiswa ini bertujuan untuk memberikan peluang kepada para siswa/i yang memiliki potensi bakat dan kemampuan belajar yang baik namun terkendala dari sisi biaya untuk dapat melanjutkan Pendidikan.

“Program beasiswa untuk SMK Putra Bangsa sudah berjalan kali kedua selama dua tahun. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada para murid SMK Putra Bangsa terutama dalam menggapai cita-cita mereka,” tandas Andri.

Di sela acara penyerahan beasiswa, pria yang telah menerjuni dunia penerbitan sejak 20 tahun silam ini juga berbagi pengalaman dan cerita kepada siswa/i yang hadir bahwa mengasah kemampuan softskill terlebih dahulu menjadi hal penting seperti kemampuan berkomunikasi, beradaptasi dan membangun relasi. Sebelum menajamkan keahlian untuk bekerja sesuai dengan keunggulan bakat yang dimiliki.

Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat, Novi Wardi mengatakan bahwa pendidikan adalah satu hal yang mutlak untuk sukses. Penyaluran beasiswa dari mitra seperti BCI Akad Foundation pada hari ini merupakan salah satu kegiatan Baitulmaal Muamalat dalam rangka mendukung pendidikan untuk mencerdaskan para bibit bangsa.

Berdasarkan data statistik, prosentase siswa/i SMK dan SMA yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi hanya 49% (1.8 juta) dari 3.7 juta rata-rata lulusan setiap tahunnya (republika.online). Sementara sisanya mencari kerja. Namun, lapangan kerja yang terbatas turut menjadi kendala bagi para lulusan sekolah tersebut untuk berkarya. Oleh karena itu Baitulmaal Muamalat tidak hanya mengelola dana untuk beasiswa pendidikan namun juga melakukan program upskilling.

“Salah satu contoh kerjasama BMM dan Akad Foundation terkait upskilling yaitu kami memberikan pelatihan tata busana, tata boga, kerajinan tangan serta pendampingan terhadap komunitas ibu-ibu di wilayah Bogor,” terang Novi Wardi.

Wakil Kepala Sekolah SMK Taruna Bangsa, Aji Widayat mengucapkan terimakasih kepada BCI Akad Foundation dan Baitulmaal Muamalat atas penyaluran beasiswa kepada siswa/i SMK Putra Bangsa. Dengan beasiswa ini memberi harapan kepada siswa/i untuk melanjutkan pendidikan dan membangun masa depan yang lebih baik.

“Kepada para siswa/i saya berpesan agar ketidakmampuan ekonomi hendaknya tidak menjadi halangan untuk berhenti belajar karena banyak jalan yang bisa ditempuh. Meski Pendidikan tidak menjamin kita sukses di kemudian hari namun dengan Pendidikan akan membuat peluang kita lebih besar untuk sukses,” pesan Aji Widayat.

 

sumber : Web
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement