Selasa 06 Aug 2024 20:33 WIB

Siap Hadapi Dunia Perkuliahan, Universitas BSI Bekali Kemampuan AI pada Mahasiswa Baru

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Fatmawati menyelenggarakan kegiatan pelatihan bertajuk
Foto: Universitas BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Fatmawati menyelenggarakan kegiatan pelatihan bertajuk "Anything Can Be Something with AI" yang dihadiri oleh mahasiswa baru pada Sabtu, 20 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Fatmawati menyelenggarakan kegiatan pelatihan bertajuk "Anything Can Be Something with AI" yang dihadiri oleh mahasiswa baru pada Sabtu, 20 Juli 2024. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar tentang penggunaan aplikasi AI untuk menunjang kreativitas mahasiswa.

Acara ini dipandu oleh Najma, seorang mahasiswa yang aktif dalam Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI. Najma membuka acara dengan semangat dan memperkenalkan pembicara utama, Rega Giovano Erlangga, yang pernah menjabat sebagai Wakil Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) periode 2022-2023.

Baca Juga

Dalam paparanya, Rega Giovano Erlangga menyampaikan materi terkait penggunaan aplikasi AI yang dapat membantu mahasiswa dalam berbagai aspek kreatif. AI dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Dengan memanfaatkan teknologi AI, kita dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa dari hal-hal yang sederhana.

“Kegiatan tersebut memberikan wawasan baru kepada mahasiswa baru tentang potensi besar yang ditawarkan oleh teknologi AI dalam menunjang kreativitas dan produktivitas mereka. Melalui pelatihan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk mendukung studi dan kegiatan mereka di kampus,” ujar Rega.

Dalam sesi tersebut, Rega juga memberikan contoh-contoh praktis tentang bagaimana AI dapat digunakan dalam proyek-proyek kreatif. Seperti cara menggunakan AI untuk membuat desain grafis yang menarik dalam waktu singkat, atau menggunakan AI untuk menganalisis data penelitian dengan cepat dan akurat.

Tak hanya pembekalan materi, dalam sesi ini peserta juga diberikan untuk praktik mencoba langsung aplikasi-aplikasi AI. Fika Fauziah salah satu peserta mengatakan dengan menghadiri kegiatan ini tak hanya memahami materi tentang AI, namun juga dapat membantu dalam menyelesaikan tugas kuliah.

"Ini sangat membantu saya dalam memahami bagaimana AI dapat digunakan dalam tugas-tugas kuliah saya," kata salah satu peserta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement