Selasa 06 Aug 2024 05:05 WIB

Megawati Serahkan Duplikat Bendera Pusaka ke Sri Sultan Hamengkubuwono, Ada Apa?

Megawati secara simbolis menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Gubernur DIY.

Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan duplikat bendera pusaka secara simbolis kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Jakarta, Senin (5/8/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan duplikat bendera pusaka secara simbolis kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Jakarta, Senin (5/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden kelima RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyerahkan duplikat bendera pusaka ke seluruh kepala daerah se-Indonesia di Jakarta, Senin (5/8/2024). Megawati secara simbolis menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selanjutnya, Megawati menyaksikan Wakil Ketua Dewan Pengarah Jenderal TNI Purn Try Sutrisno, Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi, Menteri PPA Bintang Puspayoga, dan jajaran pimpinan BPIP menyerahkan kepada para gubernur dan pj gubernur.

Baca Juga

Selain itu, juga diberikan salinan teks Proklamasi, teks pidato Pancasila 1 Juni 1945, dan buku teks utama pendidikan Pancasila. Penyerahan itu berlangsung hikmat. Dalam arahannya, Megawati meminta agar duplikat bendera itu juga dijaga dengan baik.

Megawati menceritakan duplikat bendera pusaka ini merujuk pada Sang Saka Merah Putih yang kali pertama dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dijahit secara langsung oleh Ibu Negara Fatmawati. Bendera Merah Putih ini disebut sebagai Bendera Pusaka. Sementara itu, yang akan diserahkan sebagai penggantinya adalah duplikatnya untuk dikibarkan di seluruh Nusantara.

Dalam kesempatan ini, perwakilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di seluruh Indonesia juga turut hadir. Megawati berpesan agar bendera duplikat dikibarkan dengan sepenuh hati. Panitia juga memutarkan video percakapan dan tanya jawab hangat antara Megawati dan empat paskibra tentang sejarah bendera pusaka.

photo
Kontroversi perjalanan BPIP. - (Republika/Berbagai sumber diolah)

Penjelasan kepala BPIP.. baca di halaman selanjutnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement