Senin 05 Aug 2024 07:12 WIB

Empat Kompetensi yang Harus Ada dalam Diri Pemuda Masa Kini

Empat kompetensi tersebut merupakan modal untuk menjalankan profesi.

Sekda Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman kegiatan Beja Soft Opening PKJB
Foto: Arie Lukihardianti
Sekda Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman kegiatan Beja Soft Opening PKJB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Herman Suryatman berpesan pada generasi penerus bangsa, dalam hal ini para siswa tingkat SMA/SMK/MA, harus menguasai kompetensi penting pada abad ke-21.

Empat kompetensi tersebut, kata Herman, adalah berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), kolaborasi (collaboration), dan komunikasi (communication) yang perlu diasah.

Baca Juga

Dalam keterangan di Bandung, Minggu, Herman mengungkapkan bahwa berpikir kritis perlu diasah sejak bangku sekolah, sehingga para siswa tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga penting memiliki kepekaan terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

"Saya ingin melihat seperti apa tingkat kekritisan siswa terhadap sekeliling. Tentu masalah lainnya juga harus dikritisi, paling tidak untuk didiskusikan di sekolah," kata Herman.

Terkait kreativitas dan kolaborasi, kata Herman, setelah memiliki awareness, mencari solusi dengan berpikir kreatif, dilanjutkan dengan menjalin kolaborasi, dan kompetensi penting berikutnya.

"Tentu untuk menyelesaikan berbagai persoalan, para siswa sekolah harus mulai dibiasakan berpikir kreatif," ujarnya.

Herman menekankan bahwa sejatinya menyelesaikan masalah tidak bisa dilakukan oleh satu orang, para siswa perlu membangun kerja sama tim yang baik dan saling mengisi.

"Mulai sekarang sampai ke depan tidak ada superman, yang ada superteam. Jadi sejak belia, SMA, SMK, MA, biasakan membuat tim untuk membangun kolaborasi dengan siapapun juga," ujarnya.

Dia menuturkan sebagai penerus bangsa kemampuan komunikasi sangat berpengaruh untuk kesuksesan.

"Tentu pesan yang dimiliki harus sampai kepada khalayak dan itu dibawakan dengan komunikasi. Semakin bagus komunikasinya akan semakin besar peluang kita untuk sukses," ujarnya.

Herman juga mengungkapkan pesan terkait empat kemampuan tersebut dalam pengukuhan sekaligus sharing Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12 di Telkom University, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/8), yang merupakan momentum mempersiapkan generasi tangguh pemimpin masa depan.

"Atas nama Pemprov Jabar saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat dalam untuk teman-teman di Forum OSIS Jawa Barat yang telah melaksanakan kegiatan pelantikan sekaligus sharing session dengan tema School of Education Leader. Bagaimana momentum ini kita jadikan magic moment untuk mempersiapkan generasi-generasi yang tangguh, para pemimpin masa depan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement