Rabu 31 Jul 2024 11:22 WIB

SPMT Raih Penghargaan ESG Bidang Sosial dalam Membina Hubungan dengan Komunitas

SPMT Memperoleh Predikat Bronze Winner dalam Ajang Indonesia DEI & ESG (IDEAS) Award

SPMT Memperoleh Predikat Bronze Winner dalam Ajang Indonesia DEI & ESG (IDEAS) Awards 2024 untuk Pogram Pelindo Youth Community
Foto: Award Pelindo
SPMT Memperoleh Predikat Bronze Winner dalam Ajang Indonesia DEI & ESG (IDEAS) Awards 2024 untuk Pogram Pelindo Youth Community

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, meraih penghargaan Indonesia DEI & ESG (IDEAS) Awards 2024 Kategori ESG (Environmental, Social, and Governance) atas inisiasinya dalam membina hubungan dengan masyarakat/komunitas.

Penghargaan IDEAS 2024 yang diselenggarakan oleh PR Indonesia di Malang pada Jumat (26/7) ini diberikan kepada SPMT karena dinilai sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menerapkan praktik terbaik dalam mengomunikasikan diversity, equity, inclusion (DEI) dan environmental, social, governance (ESG). Penghargaan ini diterima oleh Branch Manager SPMT Jamrud Nilam Mirah, Muh Junaedhy yang hadir sebagai perwakilan manajemen SPMT.

Baca Juga

Pada momen ini, SPMT berhasil meraih predikat Bronze Winner kategori ESG dengan subkategori Sosial – Hubungan dengan Masyarakat/Komunitas. Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi SPMT dalam melakukan inisiasi program akselerasi pendidikan Gen-Z dengan menyelenggarakan program Pelindo Youth Community (PYC) 2024.

Ditemui terpisah, VP Komunikasi Korporasi & Protokoler SPMT, Farid Chairmawan menerangkan bahwa PYC terbentuk sebagai salah satu wujud komitmen SPMT dalam mendorong generasi muda untuk lebih produktif dan peduli dengan lingkungan di sekitarnya melalui aksi nyata yang dimulai dari hal kecil yang akan memiliki pengaruh yang lebih besar di masa mendatang.

“Dalam upaya memajukan wilayah sekitarnya, SPMT merangkul seluruh stakeholders, salah satunya dengan membina hubungan dengan komunitas generasi muda. PYC ini merupakan inisiasi SPMT untuk turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk pilar Pembangunan Sosial. Program ini mengenalkan generasi muda akan pentingnya peran pelabuhan serta menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sosial melalui pendekatan yang disukai oleh Gen-Z,” ujar Farid.

Tambah Farid, penghargaan ini sebagai apresiasi bagi SPMT yang semakin memotivasi perusahaan untuk terus konsisten dalam mewujudkan pencapaian SDGs melalui berbagai inisiatif yang sejalan dengan penerapan ESG di seluruh lini bisnis dan operasi SPMT.

IDEAS 2024 merupakan ajang kompetisi untuk mengukur program dan praktik terbaik dalam penerapan komunikasi DEI dan ESG. Dewan juri dalam kompetisi ini adalah Asmono Wikan (pendiri dan CEO PR Indonesia), Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication/CPROCOM), Dyah Indrapati (ahli dalam praktik DEI), herry Ginanjar (ahli dalam praktik EsG dan pendiri etKomunika), serta Janette Maria Pinariya (Wakil Rektor I LSPR Institute).

photo
SPMT Raih Penghargaan ESG Bidang Sosial dalam Membina Hubungan dengan Komunitas - (Pelindo)

Penilaian IDEAS difokuskan pada beberapa aspek, di antaranya, strategi dan program komunikasi yang sistematis, terukur, dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan kebijakan/inisiatif DEI dan/atau ESG, kejelasan tujuan (SMART Objectives) dan stakeholder yang dituju, strategi media dan taktik komunikasi yang digunakan, pengukuran dan evaluasi, serta dampak program komunikasi bagi stakeholder.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement