Senin 29 Jul 2024 22:18 WIB

Alasan PKB Usung Acep Adang Ruhiat Jadi Cawagub Jawa Barat

Acep Adang Ruhiat memiliki basis massa dan simpatisan.

DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jabar resmi mengusung Acep Adang Ruhiat, sebagai bakal calon wakil Gubernur (Cawagub) Jabar pada Pilkada serentak 2024
Foto: Arie Lukihardianti
DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jabar resmi mengusung Acep Adang Ruhiat, sebagai bakal calon wakil Gubernur (Cawagub) Jabar pada Pilkada serentak 2024

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat mengungkap alasan Acep Adang Ruhiat diusung sebagai Calon Wakil Gubernur Jabar karena jalinan koalisi mereka selama ini.

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengungkapkan, selama ini pihaknya mengarahkan jalinan koalisi dengan partai yang memiliki jumlah kursi legislatif lebih besar dari mereka, karenanya diputuskan mengambil langkah untuk mencalonkan sebagai wakil.

Baca Juga

Pada Pileg kemarin, PKB mendapatkan 15 kursi, di atasnya, ada Partai Gerindra menempati urutan pertama dengan 20 kursi, diikuti PKS dan Golkar dengan 19 kursi, kemudian PDIP dengan 17 kursi.

"Nah, perkembangan komunikasi kami dengan beberapa partai dan kebetulan yang kami bangun komunikasi adalah partai yang di atas PKB. Makanya kami mengambil sebagai cawagub," ujar Syaiful Huda di Bandung, Senin.

Komunikasi yang telah dibangun oleh PKB saat ini, yakni dengan Partai Gerindra, Golkar, PKS dan PDIP.

"Karena itu, porosnya ada di empat partai itu," katanya.

Pemilihan Acep Adang Ruchiat, kata dia, karena merupakan sosok yang memiliki latar belakang sebagai santri, pengasuh pondok pesantren dan memiliki pengalaman sebagai anggota legislatif, yang dinilai cukup mewakili karakteristik pemilih Jabar, khususnya yang berbasis sentimen keagamaan.

Terlebih, menurutnya hingga saat ini belum ada bakal calon gubernur atau wakil gubernur yang memiliki latarbelakang seperti Acep Adang Ruchiat.

"Orang akan memilih karena ada sentimen kesamaan latar belakangan dalam hal ini agama dan seterusnya dan kang Acep bisa mempresentasikan itu, daya merasa belum ada yang mewakili ini. Yang sekarang muncul untuk Cagub seperti Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu dan Ono Surono, rata-rata backgroundnya tidak ada yang basis keagamaan dan merepresentasikan dari kelompok santri atau islam. Jadi butuh kang Acep untuk melengkapi," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Acep Adang Ruchiat mengaku terhormat mendapatkan kepercayaan dari DPW PKB yang menunjuknya sebagai bakal calon Wakil Gubenur.

Selepas diusung untuk maju Pilgub Jabar, Adang mengaku bakal langsung melakukan sosialisasi ke sejumlah daerah di Jabar.

"Kami akan melakukan kegiatan silaturahmii, mulai dari Cirebon, Priangan Timur dan Barat sampai ke tempat-tempat lain, untuk bertemu para kiyai, ulama, tokoh masyarakat dan ormas, dalam kerangka bagaimana bersama-sama membangun sinergi untuk membangun Jabar ke depan yang lebih baik," katanya.

Saat disinggung soal siapa calon Gubernur Jabar yang ideal untuk dirinya, Acep Adang mengaku semua diserahkan kepada DPW.

"Tadi isyaratnya sudah disampaikan oleh ketua DPW, kita sedang melakukan pendekatan dengan dua partai politik yang hari ini memang cukup signifikan di Jabar, yaitu Gerindra dengan Golkar, mungkin di antara dua itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement