Ahad 28 Jul 2024 17:59 WIB

Bendera Palestina Berkibar Saat Paraguay Hancurkan Israel 4-2

Beberapa penonton membawa bendera Palestina ke dalam pertandingan.

Penonton kibarkan bendera Palestina di pertandingan sepakbola Olimpiade 2024
Foto:

Sementara para pendukung Israel yang menonton tim mereka melawan Paraguay dalam pertandingan sepak bola putra di Olimpiade mungkin berharap untuk melupakan politik pada malam itu. Hanya saja, elemen-elemen pro-Palestina di antara para penonton tidak begitu tertarik untuk meninggalkan perang di Gaza di depan mata.

Salah satu pendukung Israel yang sedang dalam perjalanan menuju pertandingan, Arkady Tishman (50), telah melakukan perjalanan ke Paris untuk mengikuti Olimpiade dalam beberapa hari terakhir. Kekhawatiran utamanya adalah cuaca: “Saya berharap minggu ini hujan akan berakhir dan berganti dengan sinar matahari.”

Dengan keamanan yang tinggi dan kehadiran polisi, ia mengaku merasa aman. Dia mengungkapkan, meskipun tidak ada polisi, ia akan tetap membawa bendera Israel di pundaknya. Sebuah referensi tentang seni yang mengalahkan perang adalah salah satu momen favoritnya dalam upacara pembukaan, katanya.

 

photo
Ilay Feingold dari Israel bersiap untuk bermain pada pertandingan antara Israel dan Mali di Parc des Princes pada Olimpiade Musim Panas 2024, Rabu, 24 Juli 2024, di Paris, Prancis. - (Foto AP/Aurelien Morissard)

Tishman mengatakan bahwa ia juga tidak menentang para penggemar dari negara lain yang bersorak untuk Palestina.Di dalam stadion, seorang pendukung Israel dari Paris, yang merupakan seorang Yahudi, mengatakan bahwa bendera Palestina yang dibawa ke dalam lapangan oleh beberapa penonton merupakan sebuah “provokasi”.

Selama pertandingan itu sendiri, banyak penonton di stadion berkapasitas 48.500 kursi itu bersorak untuk Israel, dengan kontingen Paraguay yang juga memberi dukungan di lapangan.

Di atas lapangan, Paraguay merupakan tim yang lebih baik dan selalu terlihat lebih berbahaya. Mereka memimpin di babak pertama melalui sebuah gol yang sangat baik dari Marcelo Fernandez, yang melepaskan tendangan melengkung yang melewati penjaga gawang dari jarak jauh.

Israel bertahan dan menyamakan kedudukan di awal babak kedua, namun pemain sayap Brighton & Hove Albion, Julio Enciso, membawa Paraguay kembali unggul setelahnya.

Sebuah tendangan penalti untuk Israel di menit ke-80 berhasil digagalkan, namun Oscar Gloukh, yang bermain untuk RB Salzburg di level klub, mencetak gol dari bola muntah, yang mungkin dapat memberikan hasil imbang bagi Israel. Dua gol di masa injury time, dari Fabian Balbuena dan gol kedua dari Fernandez, memastikan kemenangan Paraguay.

 

Shin Bet amankan stadion..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement