Jumat 26 Jul 2024 05:42 WIB

Gibran: Program Makan Bergizi Gratis akan Diuji Coba di Luar Jawa

Usai di Sentul dan Solo, program makan bergizi gratis akan dihelat di daerah lain.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis di SDN Sentul 03,  Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis di SDN Sentul 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran telah memulai uji coba makan bergizi gratis di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 dan 3 Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (23/7/2024). Uji coba itu akan terus dilakukan hingga pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan, uji coba di Sentul itu merupakan yang pertama kali dilakukan secara resmi. Menurut dia, uji coba itu tak hanya akan berhenti di wilayah Kabupaten Bogor, melainkan juga wilayah lainnya.

Baca Juga

"(Di Sentul) itu kan baru pertama. Besok ada di tempat lain juga," kata Gibran usai menghadiri acara Malam Apresiasi Satu Inspirasi 2024 di JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2024) malam WIB.

Gibran menyebutkan, uji coba makan bergizi gratis itu juga sudah mulai dihelat di SDN di Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah per Kamis. Setelah itu, uji coba juga akan dihebat di SDN beberapa daerah lain, termasuk di luar Pulau Jawa.

"Besok di Solo, nanti ada di beberapa tempat-tempat lain juga. Nanti mulai minggu-minggu depan akan mulai di luar Pulau Jawa," ujar Gibran.

Dia memastikan, pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis tidak menggunakan alokasi APBN. Namun, Gibran tak menyebutkan sumber dana pelaksanaan uji coba program unggulan pemerintahan mendatang. "Uji coba tidak pakai APBN. Kalau sudah berjalan nanti pakai APBN, ya tahun depan," kata mantan wali kota Solo tersebut.

Sebelumnya, anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Hasan Nasbi menyampaikan, pihaknya sedang melakukan riset untuk menjalankan program makan bergizi gratis. Riset itu dilakukan sekaligus uji coba di lapangan.

Menurut Hasan, saat ini tim pakar telah memulai pilot project terkait program makan bergizi gratis. Uji coba itu dilakukan berdasarkan riset yang secara simultan terus dilakukan.

"Dari sana kita akan mendapatkan finding spending, apa saja temuannya, apa yang diperbaiki, yang harus diantisipasi, dan pada akhirnya itu mendapatkan kesimpulan," kata dia saat konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement