Kamis 25 Jul 2024 18:57 WIB

Zohri Masuki Periode Pengurangan Beban Latihan Menuju Aksi di Olimpiade Paris 2024

Zohri sudah berada di Paris, tapi belum memasuki kampung atlet.

Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet lari 100 meter putra andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri menjalani tahap pengurangan beban latihan (tapering) menuju perlombaan pada Olimpiade Paris 2024.

"Zohri sekarang dalam tahap pra-kompetisi, dalam masa tapering menuju perlombaan," ujar pelatih atletik Indonesia Eni Nuraini dalam pesannya, Kamis (25/7/2024).

Baca Juga

Eni mengatakan, saat ini, ia bersama Zohri dan tim ofisial sudah berada di Paris, ibu kota Prancis, untuk menjalani persiapan menuju perlombaan atletik Olimpiade Paris yang dijadwalkan berlangsung pada 1-11 Agustus 2024.

Masa persiapan tersebut diisi dengan latihan ringan serta pemulihan kondisi tubuh Zohri untuk memastikan kesiapan secara fisik dan mental saat turun di arena kompetisi.

Eni menjelaskan, tim atletik akan berpindah ke kawasan athletes village pada tiga hari sebelum (H-3) perlombaan. "Jadi kami sudah di Paris namun masih berada di luar athletes village," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada Olimpiade nanti, Zohri ditargetkan bisa mencatatkan waktu minimal seperti waktu tercepat yang pernah dicatatkan yaitu 10,03 detik pada ajang Osaka Grand Prix ketika ia memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo pada 2020 lalu.

Selama menjalani pemusatan latihan di Jakarta, latihan yang dijalani atlet asal Nusa Tenggara Barat itu difokuskan pada menjaga stabilitas kecepatan ketika berada di puncak kecepatannya.

Eni menambahkan, Zohri tidak tampil menggunakan teknik berlari baru yang sempat dipelajari saat menjalani pemusatan latihan di Amerika Serikat, melainkan menggunakan teknik lama yang selama ini digunakan karena membuatnya merasa lebih nyaman dan leluasa.

Ia pun meminta dukungan dan doa dari seluruh elemen masyarakat Indonesia agar Zohri bisa menyuguhkan penampilan terbaik dan mencatatkan prestasi yang membanggakan Indonesia pada kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement